5 Makanan Yang Harus Kamu hindari Pada Saat Sahur

Makanan Yang Dihindari Saat Sahur


Makanan Yang Dihindari Saat Sahur


Sahur merupakan waktu makan yang sangat penting untuk diperhatikan. Yang harus kamu perhatikan adalah apa yang kamu makan pada saat waktu sahur. Apa yang kamu komsumsi pada waktu sahur akan menentukan kuat atau tidaknya kamu pada waktu siang hari pada saat melaksanakan puasa. Sehingga sangat ditekankan untuk menjaga makanan yang benar-benar sehat pada saat sahur. Berikut ini beberapa makanan yang kamu harus hindari pada saat sahur yang dikutip dari hellosehat.com.

1. Kopi

Kopi adalah minuman yang bersifat laksatif yang dapat membuat kamu lebih sering masuk ke WC setelah kamu mengkomsumsi kopi. Karena kopi dapat komponen yang menstimulasi kerja pada usus besar sehingga dapat membuang sisa-sisa pencernaan yang lebih cepat. Di dalam kandungan kopi terdapat chlorogenic acid yang dapat meningkatkan keasaman sehingga lambung dapat meningkatkan produksi asam pada lambung. Dan membuat perut kamu terasa tidak nyaman.

2. Makanan Asin

Makanan asing dapat menyebabkan hipertensi sehingga dapat meningkatkan rasa haus ketika menkomsumsi makanan asin pada saat sahur. Ada banyak sekali jenis makan asin yang harus kamu hindari pada saat waktu sahur misalnya kacang yang sudah diasinkan, makan kaleng, kuaci, dan makan asin lainnya.

Artikel Terkait: Hal Yang di bolehkan saat puasa

3. Karbohidrat Sederhana

Pada saat kamu berpuasa pada siang hari, selama 12 jam kamu tidak akan menerima karbohidrat yang cukup untuk menambah energi kamu pada selama 12 jam. Sehingga pada saat sahur kamu diharuskan untuk mengomsumsi makanan karbohidrat yang kompleks. Contoh karbohidrat yang kompleks adalah nasi merah, gandum dan oat. Sedangkan contoh karbohidrat sederhana adalah gula, permen, kue dan lain sebagainya.

4. Makanan Pedas

Makanan pedas sama dengan makanan asin yang dapat menimbulkan dan meningkatkan rasa haus pada saat berpuasa. Selain itu makanan pedas juga dapat memicu naiknya asam lambung. Sehingga disarankan kepada kamu yang memiliki penyakit maag untuk tidak mengomsumsi makan-makanan pedas.

Baca Juga: Resep Makanan Sahur

5. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan yang berlemak tinggi dapa menghambat dan mengurangi waktu proses pengosongan perut sehingga dapat memperparah sembelit. Selain itu makanan yang berlemak tinggi dapat mempercepat kerja sistem pencernaan sehingga dapat menimbulkan diare. Sehingga disarankan untuk tidak mengomsumsi makanan yang tinggi lemak sehingga dapat terhindar dari diare dan sembelit pada siang hari.

Demikianlah artikel tentang Makanan Yang Dihindari Saat Sahur, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. dan mempermudah kita saat melakukan ibadah puasa.

No comments for "5 Makanan Yang Harus Kamu hindari Pada Saat Sahur"

Berlangganan via Email