9 Hal-hal Yang Dibolehkan Pada Saat Puasa

Hal-hal Yang Dibolehkan Saat Puasa

Hal-hal Yang Dibolehkan Saat Puasa

 





Puasa adalah ibadah yang dilakukan oleh seorang muslim, puasa terbagi menjadi dua yaitu puasa sunnah dan puasa wajib yang dilakukan pada bulan ramadhan. Puasa ramadhan merupakan hukumnya wajib yang harus dilakukan oleh seorang muslim. Kecuali bagi orang yang tidak di perbolehkan salah satunya adalah wanita hamil dan haid.
Sebentar lagi kita akan memasuki puasa ramadahan yang dimana diharuskan seluruh umat muslim untuk melakukannya. Berikut ini 10 hal yang diperboleh pada saat puasa.

1. Berciuman

Banyak yang bertanya apakah berciuman dapat membatalkan puasa? Jawabannya tidak dalam tanda kutip bagi pasangan yang sudah sah antara suami dan istri. Bagaimana dengan selain itu? Yah jelas haram dan termasuk dosa zina.

Di dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah Ra yang artinya “Nabi mencium dan menyentuhku, padahal beliau sedang berpuasa. Dan beliau adalah orang yang paling bisa menahan diri.” (Muttafaq ‘Alaih).

Madzhab syafi’I mengatakan jika berciuman itu makruh hukumnya apabila dapat membangkitkan syahwat namun jika tidak maka tidak apa-apa. Namun disarankan untuk menahan diri agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan pada saat puasa.

2. Menggunakan Obat Tetes Mata

Apakah pada saat menggunakan obat tetes mata dapat membatalkan puasa? Jawabannya adalah tidak. Karena mata merupakan bukan lubang yang dapat menghubungkan langsung rongga mulut sehingga sah-sah saja menggunakan obat tetes mata.

Artikel Terkati: Keutamaan Bulan Ramadhan

3. Berenang

Terkadang ada sebagian orang yang masih mempercayai jika berenang dapat membatalkan puasa, namun berenang tidak membatalkan puasa dengan syarat tidak minum air saat berenang. Namun pada saat puasa sebaiknya tidak melakukan kegiatan berenang.

4. infus

Infus tidak membatalkan puasa karena infus tidak masuk melewati rongga mulut, namun orang sakit tidak diwajibkan untuk berpuasa.

Artikel Terkait: Resep Makanan Untuk Buka Puasa

5. Bekam

Bekam tidak membatalkan puasa kecuali bekam yang dilakukan dapat membuat orang lemas, sehingga bekam dapat menjadi makruh.

6. Berkumur dan memasukan air kehidung

Pada saat berkumur dan memasukan air kehidung tidak membatalkan puasa, namun disarankan tidak berlebihan dalam melakukannya. abi Muhammad bersabda, “Lakukanlah dengan sungguh-sungguh bia engkau beristinsyaq (memasukkan air ke hidung). Kecuali, jika engkau sedang berpuasa.” (HR. Ashabus Sunan).

Artikel Terkait: Resep Masakan Untuk Sahur

7. Hal-Hal Yang Tidak Dapat Dihindari

Hal-Hal Yang Tidak Dapat Dihindari pada saat puasa adalah menelan ludah, mencium aroma makanan, mencium aroma minyak wangi dan sejenisnya. Semua hal tersebut tidak akan membatalkan puasa.

8. Berhubungan Badan Antara Suami Istri

Pasangan suami istri masih bisa menyalurkan hasrat pada saat bulan ramadhan, namun hal tersebut dilakukan pada saat malam hari, mulai dari terbenamnya matahari hingga terbit fajar.

9. Mandi Junub Setelah Subuh

Seseorang yang lagi puasa sedangkan dalam keadaan junub tidak diharuskan mandi pada saat malam hari, namun boleh menunda hingga subuh, namun jangan sampai mandi terlalu siang hingga waktu sholat habis.

No comments for "9 Hal-hal Yang Dibolehkan Pada Saat Puasa"

Berlangganan via Email