5 Tips Bagi Kamu Yang Ingin Usaha Sampingan Online

usaha sampingan online

Tidak dipungkiri, usaha sampingan online saat ini cukup menjanjikan dan terlihat begitu mudah. Sepertinya hanya meng-upload produk ke media sosial, kemudian di-share ke akun teman akan langsung bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Namun benarkah hanya semudah itu ? Tentu jawabannya tidak ! Kamu perlu melalui beberapa tahap dulu untuk bisa membangun usaha sampingan ini.

Tips Usaha Sampingan Online


Berikut adalah 7 tips bagi kamu yang ingin usaha sampingan online. Simaklah sampai akhir, karena muatan yang akan disampaikan adalah benar-benar wajib untuk dilakukan agar usaha sampingan kamu dapat berjalan baik dan menghasilkan limpahan rupiah.

Baca Juga: Kunci Sukses Menjasi Pengusaha

1. Tentukanlah  Produk yang akan kamu jual


Sebelum membuka usaha sampingan online, putuskan terlebih dulu apa usaha yang ingin kamutawarkan. Apakah itu menjual barang atau menawarkan jasa ? pandai-pandailah untuk memilih barang atau jasa yang akan kamu tawarkan. 

Karena itu akan menentukan keberlangsungan usahamu. Jika kamu ingin menjual barang, pilihlah barang yang selalu dicari oleh pelanggan, terutama kebutuhan pokok sehari-hari. Pastikan masa kadaluarsa atau habis-nya rutin, semisal setiap hari, seminggu sekali, atau maksimal sebulan sekali.

2. Buatlah Produk-mu spesial.


Setelah kamu menentukan produk yang pas untuk dijual pastikan produk yang kamu tawarkan unik dan berbeda dari yang lain. Semisal kamu membat produk sendiri, buatlah warna-warna unik yang sedang tren dan sesuai dengan perkembangan media sosial yang lagi in.

Contohnya saja dengan membuat karakter kartun unik yang sedang booming atau tokoh film yang sedang melejit namanya. Pilihlah barang yang kiranya unik dari partner toko kamu sehingga akan membentuk nilai plus untuk produk yang kamu jual.

3. Berisiaplah untuk berkompetisi dengan pengusaha online lainnya.


Bila kamu menganggap usaha sampingan ini hanya sambil lalu saja, hasilnya juga akan sambil lalu dan tidak maksimal. Karena begitu banyak toko online yang dikelola dengan baik dan menarik dengan produk yang hampir sama, maka kamu perlu meningkatkan berbagai hal yang melampaui saingan kamu tersebut. 

Hal yang perlu dipersiapkan adalah :  stok barang yang selalu ada dan variatif, kepuasan pelanggan, pengiriman yang baik dan gratis, bayar di tempat ( saat barang sampai), diskon, voucer, bonus, dll. Ingat, bila kamu ingin menerapkan sistem yang menarik di atas harus ada antisipasi strategi tertentu agar kamu tidak mengalami kerugian

4. Buatlah toko online kamu semenarik mungkin.


Setelah kamu menentukan produk dan merancang produk agar unik, serta mempersiapkan strategi dagang kamu, mulailah untuk membuat online shop. Kamu bisa membuatnya kecil-kecilan di face book,  instagram, atau WA. Namun media ini belum begitu settled. Mereka hanya bersifat informatif, sementara rumah kamu sebenarnya adalah membuat web, khusus untuk produk kamu sendiri.

Kamu bisa saja menitipkan jual di akun e-commerce seperti sophee, buka lapak, e-bay, amazon, tokopedia, dan masih banyak lagi namun itu hanya salah satu sarana kamu titip produk. Alangkah baiknya jika kamu juga mempunyai web sendiri yang diisi oleh produk kamu sendiri pula. Lebih mantap lagi, bila kamu menggunakan jasa SEO agar tokokamu selalu ada di bagian atas saat pelanggan menggunakan mesin pencarian.

5. Buatlah rencana bisnis. 


Rencana bisnis di sini maksudnya adalah dana yang akan kamu gunakan untuk modal toko online kamu. Apakah itu dari dana sendiri, patungan, atau bahkan dari investor ? Hal ini sangat perlu diperhatikan untung dan ruginya. Bila kamu punya cukup modal usaha untuk membuka toko sendiri, itu akan lebih baik.

Namun bila kamu menggunakan dana bersama atau investasi dari seseorang, maka kamu harus bersiap untuk merencanakan cara bagi hasilnya dengan baik agar semua pihak merasa puas. Pikirkan pula dengan biaya produksi/pembelian dari produsen,  biaya pengiriman, pajak, upah karyawan ( bila ada), dll.

Itulah 5 tips bagi kamu yang ingin peluang usaha online, yang bisa kamu jadikan sumber wacana sebelum memantapkan diri membuka usaha onine. Bila ingin mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit, perjuangan dan usaha yang dilakukan juga tidak sedikit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel