8 Prinsip-prinsip Demokrasi Dan Penjelasanya Masing-masing

prinsip Demokrasi

Demokrasi merupaka sebuah sistem pemerintahan di dalam sebua negara dimana setiap warga negaranya memiliki hak serta kesempatan yang sama dan setara dalam mengambil keputusan. Demokrasi juga tentu memiliki prinsip-prinsip sendiri yang di mana akan di bahas di dalam artikel ini 8 prinsip-prinsip organisasi. Baca Juga: Pengertian Sejarah

8 Prinsip Demokrasi


1. Kedaulatan Di Tangan Rakyat


Kedaulatan berada di tangan rakyat maksudnya adalah kekuasaan yang tinggi dipegang oleh rakyat. Dengan begitu kehendak atau keinginan rakyat atau setiap warga negara merupak kehendak yang paling tinggi. Namun hal ini terjadi ketika setiap warga negara memahmi maksud dari demokrsi.

2. Pengakuan dan perlindungan terhadap hak asasi manusia


Didalam hidup manusia tentu memiliki pengakuan harkat dan martabat yang jelas sama, sertaa tidak membedakan baik itu antara jenis kelamin, ras, suku, bangsa dan agama mereka itu semua sama. Baca Juga: Prinsi-prinsip demokrasi

3. Pemerintah berdasar hukum( konstitusi)


sistem konstitusional ini lebih menegaskan jika pemerintah dalam melaksanakan tugasnya dan di batasi oleh ketentuan konstitusi. Pemerintah yang berdasarkan sistem konstetusional ataupun hukum serta tidak bersifat aboslutismo atau kekuasaan yang mutlak tidak terbatas.

4. Peradilan yang bebas serta tidak memihak


setiap warga negara yang menganut sistem demokrasi tentu memiliki hak yang sama di dalam hukum, pemerintah dan pengadilan dengan tidak membedakan jenis klamin, agama, ras, suku, kekayaan, jabatan dan sebagainya. Didalam persidangan pimpinan sidang atau hakim tidak membeda-bedakan baik itu sikaya atau simiskin.

5. Pengambilan keputusan atas musyawarah


Negara yang menganut sistem demokrasi dalam mengambil keputusan tentu melakukan musayawarah dan keputusan itu di ambil bersama dari hasil musyawarah. Musyawarah ini bertujuan untuk mencapai kata sepakat dala mengambil keputusan.

6. Adanya partai politik dan sosial politik


di dalam negara yang menggunakan prinsip organisasi tentu memiliki partai politik atau sosial politik di dalamnya. Partai politik ini memiliki fungsi untuk menyampaikan aspirasi dari masyarakatnya.

7. Pemilu yang demokratis


dalam pemilihan untuk menentukan pemimpin sebuah negara yang menganut prinsip demokrasi di lalui dengan pemilu atau pemilihan umum, yang di mana setiap warga negaranya memiliki hak untuk memilih siapa yang akan menjadi pemimpin mereka. Dalam pemilihan umum tersebut siapa yang memiliki suara terbanyak maka dia berhak menjadi pemimpin negaranya dengan masa priode yang telah di tentukan.

8. Peradilan yang bebas dan tidak memihak


setiap warga negara yang tinggal di dalam sebuah negara yang menganut prinsip demokrasi memiliki hak dalam menerima perlakuan yang sama di dalam persidangan, di mata hukum, dan pemerintahan tanpa melihat kekayaan mereka, jabatan mereka, agama mereka dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel mengenai 8 prinsip-prinsip demokrasi serta penjelasannya masing-masing, semoga bermanfaat. Baca Juga: Pengertian Politik

Related Posts

Subscribe Our Newsletter