Pengertian MASYARAKAT Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Masyarakat

Apa itu masyarakat? apa yang di maksud  masyarakat? dan apa pengertian masyarakat?. Itu adalah 3 dari pertanyaan yang sering di tanyakan ketika mendengar kata masyarakat pertama kalinya. Nah pada artikel kali ini bungkill.com akan mengulas pengertian masyarakat secara umum dan pengertian masyarkat menurut para ahli.

Pengertian Masyarakat Secara Umum


Pengertian masyarakat adalah sebuah kelompok yang  menempaati suatu daerah atau wilayah dan bekerja sama unuk membuat sebuah sistem baik itu tertutup, semi tertutup maupun terbuka yang di mana intraksi yang terjadi di dalamnya antara individu dengan individu, kelompok dengan individu ataupun kelompok dengan kelompok.

Pengertian demokrasi secar bahasa bersal dari bahasa arab yaitu musyrak yang memiliki arti intraksi. Jadi pengertian masyarakat secara umum adalah sebuah kelompok yang hidup di dalam sebuah daerah dan saling berintraksi di antara mereka  dan saling teratur.

Terbentuknya sebuah kelompok masyarakat karena seluruh manusia memiliki dan menggunakan pikiran, perasaan dan hasratnya masing-masing untuk berintraksi antara sesama mereka. Hal tersebut merupakan bukti jika manusia adalah  mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri.

Baca Juga: Ciri-ciri Masyarakat

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli


Setelah kita membahas pengertian masyarakat secara umum di atas kita kan membahas pengertian masyarakat menurut para ahli untuk memperjelasa pengertiaan masyarakat di atas. Berikut ini definisi masyarakat menurut beberapa para ahli.

1. Paul B. Harton


Menurut Barton Masyarakat adalah suatu perkumpulan manusia yang lebih mandiri, hidup berdampingan dalam waktu yang cukup lama, menempati suatu wilayah atau tempat tertentu, mempunyai kebudayaan atau kebiasaan yang sama, serta melakukan sebagian besar kegiatan dalam kelompok manusia tersebut.

2. Ralp Linton


Ralp Linton berpendapat pengertian masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang hidup berdampingan dan saling  bekerja sama dalam kurun waktu yang lama sehingga mereka mampu mengatur diri mereka masing-masing dan menganggap diri mereka dalam suatu kesatuan sosial dan batas-batas yang dirumuskan secara jelas.

3. John J. Macionis


pengertian masyarakat menurut John J. Macionis  adalah sekumpulan orang-orang yang saling berinteraksi dalam suatu wilayah atau daerah tertentu dan memiliki budaya atau kebiasaan bersama.

4. Soerjono Soekanto


Soerjono Soekanto, Masyarakat adalah suatu proses terjadinya interaksi sosial, dan interaksi sosial tidak akan mungkin terjadi apabila tidak memenuhi dua syarat yaitu interaksi sosial dan komunikasi.

5. Selo Sumardjan


Pengertian masyarakat menurut Selo Sumardjan adalah orang-orang yang dapat hidup secara bersama serta menghasilkan suatu kebudayaan.

Demikianlah  artikel mengenai pengertian masyarakat menurut para ahli, dan pengertian masyarakat secara umum, semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel