Pengertian demokrasi, Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian demokrasi, Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Demokrasi - Apa itu demokrasi? apa pengertian demokrasi? apa yang di maksud demokrasi. Itu adalah pertanyaan umum untuk demokrasi nah pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian demokrasi secara umum, pengertian demokrasi secara bahasa dan pengertian demokrasi menurut para ahli. Pengertian demkrasi menurut para ahli sangatlah beragam sehingga kita perlu melihatnya satu persatu.

Demorasi sendiri mencakup di dalamnya suatu keadaan ekonomi dan keadaan sosial serta keadaan budaya yang di dalam nya terjadi praktik kebebasan politik, budaya dan sosial baik itu secara bebas maupun setara. Pada umum nya negara yang menganut sistem demokrasi memberikan hak kepada masayrakatnya baik itu dalam politik, berbudaya dan sebagainya.

Baca Juga: Fungsi Demokrasi

Pengertian Demokrasi Secara Umum


Pengertian Demokrasi secara umum adalah suatu sistem pemerintahaan yang di mana negara tersebut memberikan hak dan kebesan yang setara yang berkaitan dengan penentuan serta pemilihan keputusan yang nantinya akan berdapat pada warga negara itu sendiri. Misalnya kebebsan dalam meilih pemimpin negaranya.

Pengertian demokrasi yang lebih jelasnya adalah kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Dengan kekuasaan di tangan rakyat warga negara dapat ikut serta dalam mengambil bagian baik itu secara langsung atau pun sebagai perwakilan dalam hal pelaksanaan, perumusan, penyusunan, pengembangan serta penentuan hukum.

Pengertian Demokrasi secara bahasa berasal dari kata yaitu demos dan kratos yang di mana demos yang dapat di artikan sebagai rakyat sedangkan demos dapat di artikan sebagai kekuasaan atau kekuatan. Jadi pengertian demokrasi adalah Kekuasaan penuh berada di tangan rakyat.

Baca Juga: Pengertian Demokrasi

Pengertian Demokrasi Menurut Para ahli


Untuk membantu memperjelas definisi demokrasi di atas kita dapat melihat pendapat beberapa para ahli berikut ini.

1. Abraham Licoln


Siapa yang tidak mengenal Abram Lincoln, dia adalah salah satu orang besara Amerika Serikat pada masanya. Menurut Abraham Lincoln mengenai demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan yang di bentuk dari rakyat, oleh rakyat, serta untuk rakyat. Maksudnya adalah, rakyat merupakan yang memegang kekuasaan tertinggi di dalam pemerintahan, yang dimana masing-masing dari mereka mempunyai hak yang sama dalam berusaha mengatur kebijakan pemerintahan.

2. Charles Costello


Sedangkan menurut Charles Costello mengenai definisi demokrasi adalah suatu sistem politik pemerintahan dengan kekuasaan pemerintahan tersebut diberikan batasan oleh hukum dan kebiasaan untuk melindungi hak-hak warga negaranya.

3. Sidney Hook


Pengertian demokrasi menurut Sidney Hook adalah suatu sistem pemerintahan yang di mana semua kekuasaan di pegang oleh rakyat dan semua keputusan-keputusan baik itu secara langsung maupun tidak langsung di terbitkan berdasarkan atas kesepakatan yang semua warga negarnya.

4. H. Harris Soche


H. Harris Soche berpendapat mengenai defininisi demokrasi adalah sebuah bentuk pemerintahan rakyat. Maksudnya adalah rakyat adalah pemegang kekuasaan dalam pemerintahan dan memiliki hak dalam mengatur, mempertahankan serta melindungi dari mereka masing-masing dari adanya paksaan yang di berikan dari wakil-wakil mereka.

5. Hans Kelsen


Hans Kelsen, pengertian demokrasi adalah dari rakyat untuk rakyat, dalam hal tersebut wakil-wakil rakyat yang terpilih dalam hal pelaksanaan pemrintahan negara, dan di mana rakyat telah memberikan kepercayaan kepada mereka bahwa segala keinginan dan kepentingan mereka dapat di wujukkan oleh wakil-wakil mereka yang telah mereka pilih.

Demikianlah artikel mengenai pengertian demokrasi secara umum dan pengertian demokrasi menurut para ahli, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel