Masyarakat: Pengertian, Unsur-Unsur dan Ciri-Ciri Masyarakat

Masyarakat: Pengertian, Unsur-Unsur  dan Ciri-Ciri Masyarakat

Pengertian Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang mendiami sebuah daerah atau wilayah yang saling bekerja sama dalam waktu yang lama, lebih mandiri dan memiliki budaya-budaya atau kebiasaan masing-masing dan saling berintraksi baik itu antara individu, kelompok dengan kelompok atau individu dengan kelompok.

Ciri-ciri Masyarakat


Masyarakat dapat di kenali dengan karaterisitik masyarakat, berikut ini ciri-ciri masyarkat secara umum.

1. Menempati Wilayah Tertentu


Dilihat pada pengertian masyarakat, masyarakat menempati suatu wilayah atau tempat tertentu dan secara berkelompok dan memiliki sistem sendiri dan saling berintraksi antara sesama mereka.

2. Hidup Secara Berkelompok


Manusia merupakan mahluk sosial yang akan selalu membutuhkan orang lain, sehingga manusia tentu akan cenderung membentuk sebuah kelompok yang saling bekerja sama. Seiring berjalanya waktu kelompok manusia akan tumbuh menjadi besar dan menjadi sebuah masyarakat yang saling membutuhkan.

3. Memiliki Suatu Kebudayaan


Sebuah kebuah kebudayaan akan muncul pada masayarkat. Maka dari itu budaya akan muncul keitika ada sekelompok manusia yang hidup berdampingan dalam waktu yang tidak di tentukan akan melahirkan sebuah budaya atau kebiasaan pada lingkungan mereka. Kebiasaan tersebut yang seringa di lakukan secara berkelanjutan di sebut budaya.

4. Terjadinya perubahan


Sekelompok orang di sebut sebagai masyarakat, Masyarakat ini akan terus berkembang dan mengalami perubahan dari wkatu kewatu sesuai dengan kebudayaan atau kebiasaan yang yang sebelumnya ada di dalam lingkungan mereka. Karena masyarakat ini sifatnya dinamis.

5. Terdapat Intraksi


Merujuk pada pengertian masyarkat di atas. Didalam lingkungan masyarakat akan selalu terjadi intraksi sosial, intraksi ini terjadi akan terus terjadi ketika antra individu saling bertemu satu sama lain.

6. Terdapat Pemimpin


Didalam sebuah masyarakat terdapat aturan dan norama-norma yang harus di taati oleh masyarakat itu sendiri agar dapat hidup rukun secara berdampingan.

7. Terdapat pembagian kerja


Di dalam masyarakat terdapat golongan-golongan tertentu, baik itu berdasarkan tanggung jawab atau pun berdasarkan tugas, dalam hal ini penempatan setiap individu di tempatkan pada posisi tertentu sesuai keahlianya masing-masing. Baca Juga: Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

Unsur-unsur Masyarakat


Mayarakat terbentuk karena ada beberapa unsur di dalamnya, berikut ini beberapa unsur yang menjadi faktor terbentuknya sebuah masyarakat.

1. Perkumpulan Orang Banyak


Kumpulan orang banyak termasuk dalam kelompok masyarakat dengan syarat telah menempati sebuah wilayah dalam waktu yang cukup lama karena sudah memenuhi syarat selain itu masyarakat juga memiliki ciri-ciri yaitu memiliki seorang pemimpin, terdapat satu kesatuan individu. Untuk menghindari kesalah pahaman dibuatlah sebuah bahasa untuk mempermudah dalam berintraksi.

2. Golongan Sosial


Golongan sosial termasuk dalam unsur-unsur terbentukanya masyarakat, karena gogolongan sosial terbentuk karena adanya sekempulan individu yang menjadi sebuah kelompok. Suatu golongan sosial merupak suatu kesatua yang di tandai dengan ciri-ciri tertentu. Sebuah golongan sosial bisa juga terbentuk karena adanya pandangan negativ dari individu diluar golongan tersbeut.

3. Ketagori Sosial


Ketagori Sosial merupakan sebuah kelompok manusia yang terbentuk karena adanya sebuah ciri-ciri yang dapat di kenakan pada manusia-manusia yang terlibat di dalam kelompok tersebut. Ciri-ciri tersebut biasanya di kenakan oleh orang selain dari kelompok tersebut tanpa di sadari oleh orang yang berada di dalam kelompok itu. Baca Juga: Pengertian Proses Sosial

4. Masyarakat


Masyarakat adalah suatu kesatuan individu yang saling berintraksi dan bergaul, suatu kesatuan manusia yang memiliki sebuah budaya dan menempati suatu wilayah dalam jangaka waktu yang tidak di tentukan, dan memiliki sebuah alat untuk untuk saling berintraksi. Perlu di ingat jika sekumpulan individu tidak dapat di katakan masyarakat karena sebuah masyarakat harus mempunya suatu ikatan tertentu agar dapat di sebut masyarakat.

Demikianlah artikel mengenai Masyarakat mulai dari pengertiam masyarkat, ciri-ciri masyarakat dan unsur-unsur masyarakat. semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel