7 Fungsi Administrasi Serta Penjelasannya Masing-masing


Fungsi Admnistrasi - Apa itu administrasi? apa pengertian admnistrasi? administrasi adalah suatu bentuk usaha serta aktivitas yang memiliki hubungan yang berkaitan dengan kebijakan peraturan untuk mencapai tujuan atau tarrget yang telah di tentukan. Selain itu admnistrai juga memiliki Beberapa fungsi yang membantu dalam mencapai tujuannya. Berikut ini 7 Fungsi Admnistrasi.

7 Fungsi Admnistrasi Yang Harus di Ketahui


Fungsi admnistrasi ini hampir mirip dengan fungsi manajemen namun memiliki sedikit perbedaan yang terletak pada reportinga dan budgetting. Langsung saja berikut ini fungsi admnistrasi

1. Fungsi Perencanaan (Planing)


Perencanaan adalah  sebuah kegiatan mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan sebelum melakukan kegiatan administrasi, mulai dari mengumpulkan data, mengolola data, penyusunan kegiatan admnistrasi hingga mempersiapkan perencanaan untuk kegiatan  admnistrasi.

2. Fungsi Penyusunan (Organizing)


Organzing merupakan suatu kegiatan kerja sama antara anggota-anggota yang terdapat di dalam sebuah kelompok atau organisasi guna untuk membantu mencapai tujuan yang ingin di capai.

3. Fungsi Reporting (Laporan)


Definisis reporting adalah suatu aktivitas penyampaian hasil dari sebuah kegiatan yang telah di laksanankan dengan membuat sebuah laporan dalam bentuk apapun baik itu berupa tulisan, laporan atau dalam bentuk lainya yang nantinya akan di berikan kepada orang yang berhak menerimanya.

4. Fungsi Coordinating (Kordinasi)


Coordinating merupakan salah satu fungsi manajemen yang juga termasuk dalam fungsi administrasi. Kordinasi sendiri memiliki pengertian adalah sebuah aktivitas yang di lakukan untuk menyatukan atau menghubungkan kekosongan aktivitas yang di laksanankan atau pekerjaan dari bawahan agar terjadi kerja sama yang lebih baik yang telah di rencanakan.

5. Fungsi Budgeting (Penyusunan Anggaran)


Budgeting atau penyusunan anggaran sangat berkaitan erat dengan uang atau modal yang dari perusahaan yang nantinya di gunakan untuk berbagai aktivitas dari perusahaan. Pengertian Budgeting (Penyusunan Anggaran) adalah suatu aktivitas pengolahan keuangan atau anggaran perusahaan yang di lakukan secara berkelanjutan.

6. Fungsi Staffing (Penempatan)


Staffing ini juga salah satu yang masuk di dalam fungsi manajemen yang berfungsi untuk menempatakan kariawan pada tempat nya masing-masing yang seseuai dengan keahlianya. Staffing adalah sebuah aktivitas yang berkaitan dengan sumber daya manusia ataupun sumber daya lainnya yang mulai dari perekrutan tenaga kerja, perlengkapan dan pengembangan yang terdapat di dalam organisasi atau perusahaan.

7. Fungsi Directing (Pengarahan atau Bimbingan)


Fungsi admnistrasi yang terkahir ini adalah pengarahan atau bimbingan kepada kariawan. Directing adalah suatu aktivitas mengontrol atau mengawasi bahawan yang di lakukan oleh atasan yang berkaitan dengan memberikan bimbingan, perintah-perintah atau sarann agar tugas yang di amanahkan dapat di kerjakan dengan sebaik-baiknya.

Demikianlah artikel mengenai 7 Fungsi Admnistrasi dan penjelasanya masing. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter