Administrasi, Pengertian dan Unsur-unsur Administrasi

Pengertian administrasi

Pengertian Administrasi

Apa itu administrasi? Apa yang di maksud dengan administrasi? Apa pengertian administrasi?. Mungkin itu adalah pertanyaan yang terlintas di pikiran kamu ketika mendengar kata administrasi. Pengertian Administrasi adalah suatu bentuk usaha atau aktivitas yang berkaitan dengan pengaturan kebijakan agar mampu mencapai sebuah target atau tujuan organisasi.

Di lihat dari pengertian administrasi di atas dapat di simpulkan bahawa administrasi memiliki peran yang cukup krusial di dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Definisi administrasi dapat arti sempit adalah sebuah kegiatan atau usaha yang di lakukan oleh organisasi untuk mencapai tujuannya.
Pengertian Administrasi dalam arti luas adalah semuah proses-proses kegiatan yang secara menyeluruh dalam menyelenggarakan suatu kegiatan. Kegiatan tesebut dapat di dasarkan pada suatu tujuan atau resional tertentu yang dapat dilakukan oleh dua individu maupun lebih dalam mencapai tujuan dengan sarana dan prasarana tertentu.


Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli


1. Arthur Grager


Pengertian administrasi menurut Arthur Grager adalah sebuah fungsi yang tertatas atas penyelenggaraan yang terhadap komunikasi serta pelayanan warkat dalam suatu organisasi.

2. Sondang P.Siagian


Menurut Sondang P.Siagian administrasi adalah seluruh bentuk dalam proses kerjasama antara dua seorang individu atau lebih yang atas dasar rasionalitas yang terpilih dalam mencapai sebuah tujuan yang telah dipilih sebelumnya.

3. Ulbert


Administrasi adalah penyusunan dan atau pencatatan data serta informasi secara sistematis baik itu internal maupun eksternal dengan tujuan menyediakan keterangan dan memudahkan dalam mendapatkan kembali baik itu sebagian maupun keseluruhannya.

4. George Terry


Menurut George Terry definisi administrasi adalah perencanaan (planing), pengendalian, dan pengorganisasian (organizir) pekerjaan perkantoran, dan penggerakan dalam melaksanakan agar tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

Unsur –Unsur Admnisitrasi


Untuk menjalankan suatu proses admnistrasi, tentu diperlukan sebuah kerjasama antar tim atau kelompok yang baik dengan tujuan bersama. Administrasi tentu memiliki sebagian unsurdalam mendukung terbentukanya administrasi yang baik.

1. Organisasi


secara umum organisasi merupakan suatu wadah yang menghimpun sekelompok orang (lebih dari satu) untuk melakukan suatu tindakan atau kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya yang dimiliki oleh organisasi itu sendiri.
organisasi tentu memiliki sebuah tanggung jawab dalam mencapai tujuan yang besar dari organisasi tersebut. yang Dimana tujuan yang besar tersebut dari administrasi suatu saat akan tercapai apa bila semua elemen yang yterlibat dialam organisasi mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

2. Komunikasi


Definisi Komunikasi adalah sebuah rutinitas atau aktivitas dalam menyampaikan sebuah informasi yang bermanfaat, baik itu masege/pesan, gagasan, dan/atau ide, dari satu pihak ke pihak yang lainnya. Sehingga adanya komunikasi ini dapat membantu administrasi berjalan dengan baik.

3. Manajemen


Di dalam kehidupab sehari-hari menajemen akan selalu di manfaatkan untuk memudahkan dan membantu kehiduapan sehari-hari. Sesuai dengan definisi manajemen secara umum yaitu mengatur dan memanfaatkan apapun yang ada. Dengan adanya manajemen sebuah administrasi dapat berjalan secara teratur sehingga membantu mencapai tujuan yang di inginkan.

4. Kepegawaian


Kepegawaian sangat berhubungan dengan administrasi sehingga di mana ada administrasi tentu di dalamnya terdapat pegawai yang terlibat. Yang di mana kepegawaian ini terlibat dalam administrasi baik itu perusahaan atau organisasi sebagai tenaga kerja di dalamnya.

4. Keuangan


Dalam Bidang keuangan adalah bidang sangat penting. Dalam Pengorganisasian keuangan di dalam suatu organisasi atau perusahaan di wajibkan untuk dilakukan yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena pada dasarnya semua organisasi memiliki aturan/panduan tersendiri dalam mengelola keuangan mereka.

6. Tata Usaha


Di dalam administrasi membutuhakan sebuah tata usaha yang memiliki peran dalam menghimpun, mengolola, mencatat, mengadakan, mengirim dan menyimpan berbagai dokumen yang di perlukan di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Dengan adanya tata usaha administrasi dalam organisasi dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga: Pengertian Ekstensifikasi 

Demikianlah artikel mengenai administrasi mulai dari pengertian administrasi secara umum, pengertian administrasi menurut para ahli dan usur-unsur administrasi. Semoga Bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter