Pengertian: Ekstensifikasi, Intensifikasi, Diversifikasi, Rehabilitasi dan Pengertian Rasionalisasi

Pengertian Ekstensifikasi, Pengertian Intensifikasi, Pengertian Diversifikasi, Pengertian Rehabilitasi dan Pengertian Rasionalisasi

Pada artikel kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai pengertian Intensifikasi, pengertian Ekstensifikasi, pengertian Diversifikasi, pengertian rehabilitasi, dan pengertian rasionalisasi. Berikut ini pengertiannya.

Baca Juga: Pengertian Administrasi

1. Pengertian Ekstensifikasi


Apa itu Ekstensifikasi?  Apa yang dimaksud dengan Ekstensifikasi ?, Ekstensifikasi adalah sebuah usaha dalam meningkatkan hasil produksi melalui cara menambah dan atau memperluas wilayah faktor faktor produksi yang digunakan di dalam pertanian.
Berikut 3 contoh usaha dalam meningkatkan hasil produksi dengan menggunakan cara ekstensifikasi yaitu

Mendirikan pabrik baru atau cabang cabang pabrik atau perusahaan
Penambahan jumlah armada angkutan
Membuka lahan pertanian baru

2. Pengertian Intensifikasi


Apa itu Intensifikasi ? apa yang di maksud Intensifikasi , Intensifikasi adalah sebuah upaya  meningkatkan sebuah hasil dari pertanian tanpa memperluas lahan pertanian yang sudah ada. Nah dalam Upaya intensifikasi ini dilakukan melalui cara dalam penggunaan pupuk, pengairan, bibit unggul,  pemeliharaan, serta penyuluhan. Intensifikasi yang lebih dikenal dengan nama pancausaha tani.

Berikut ini ada beberapa contoh sebuah usaha dalam meningkatkan produksi hasil produksi pertanian dengan cara intenfisfikasi :

Meningkatkan kualitas kerja
Memperbaiki cara berproduksi
Peningkatan jam operasi mesin
Menerapkan panca usaha tani dalam bidang pertanian.

3. Pengertian Diversifikasi


Apa itu Diversifikasi ? apa yang di maksud Diversifikasi ? Diversifikasi adalah sebuah usaha untuk meningkatkani  dahasil pertanian dengan menggunakan cara memperbanyak jenis - jenis tanaman dalam suatu lahan pertanian. Diversifikasi tanaman ini dilakukan agar dalam suatu lahan pertanian tidak hanya menghasilkan satu jenis tanaman. (Baca Juga: Pengertian Sosiologi)

Contoh diversifikasi dalam pertanian adalah sistem tumpang sari yaitu menanam beberapa jenis tanaman secara bersamaan pada lahan yang sama. Contohnya dengan menanam ubi kayu, kedelai, dan jagung secara bersamaan. Diversifikasi juga dapat dilakukan diantara dua musim tanam atau pada satu musim secara bersamaan.

4. Pengertian Rehabilitasi


Pengertian Rehabilitasi adalah sebuah usaha dalam meningkatkan hasil di dalam pertanian dengan menggunakan cara memperbarui cara-cara dalam bertani yang ada dan atau mengganti tanaman yang tidak produktif lagi. Usaha-usah ini misalnya memperbaiki atau mengubah perairan sawah tadah hujan menjadi sawah irigasi, mengganti tanamannya sudah tua dengan menanam tanaman baru, dan mengganti tanaman yang tidak menguntungkan dengan tanaman yang lebih menguntungkan.

5. Pengertian Rasionalisasi


Apa itu Rasionalisasi? Apa yang dimaksud dengan rasionalisasi ?, Rasionalisasi adalah usaha dalam meningkatkan mutu atau kuliatas dan hasil produksi melalui cara meningkatkan penguasaan atau pengetahu ilmu dalam pertanian dan teknologi.

Nah Berikut beberapa contoh usaha dalam meningkatkan mutu dan hasil produksi dengan menggunakan cara rasionalisasi :

Untuk menghemat tenaga kerja serta efektivitas produksi
Melaksanakan suatu kegiatan produksi dengan menerapkan manajemen yang baik dan dapat menambah keuntungan pertanian.

Baca Juga: Pengertian Ekonomi

Demikianlah artikel tentan pengertian Intensifikasi, pengertian Ekstensifikasi, pengertian Diversifikasi, pengertian rehabilitasi, dan pengertian rasionalisasi. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dan menambah wawasan kamu.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter