Yuk, Coba Lamar 3 Pekerjaan Jurusan IT di Dunia Broadcasting

Jurusan IT di Dunia Broadcasting
Baru saja lulus dari dunia perkuliahan memang menyenangkan. Rasanya, salah satu pencapaian dalam hidup sudah terpenuhi. Namun setelahnya, kita dihadapkan dengan fase memasuki dunia kerja yang merupakan sesuatu hal baru. Para lulusan baru atau fresh graduate terkadang bingung memilih pekerjaan impiannya. Bahkan tak sedikit dari mereka yang masih kehilangan arah untuk menentukan jenis pekerjaan apa yang perlu dilamar sesuai dengan jurusan kuliah yang diambil. Misalnya saja pekerjaan jurusan IT (informasi teknologi).

Pekerjaan jurusan IT memang tidak sulit ditemukan, mengingat semua perusahaan pasti sudah bergantung pada kemajuan teknologi. Sehingga hal-hal yang berkaitan dengan ilmu IT pasti berguna dan dibutuhkan di semua aspek. Jadi, lulusan jurusan IT bisa semuanya harus bekerja di perusahaan yang bergerak di industri teknologi.

Di dunia broadcasting atau penyiaran, ada juga pekerjaan jurusan IT yang tersedia. Perusahaan TV baik berskala lokal maupun nasional sebagian besarnya memiliki ratusan lowongan pekerjaan, untuk mereka yang berpengalaman maupun lulusan baru. Industri penyiaran dikenal dengan sistem kerja yang cepat, cerdas, dan memiliki jam kerja yang dinamis serta fleksibel. Untuk kamu yang merupakan lulusan jurusan IT namun tertarik bekerja di kantor stasiun TV, tentu saja kamu bisa bergabung. Berikut kami berikan informasi pekerjaan jurusan IT yang dibutuhkan di dunia penyiaran. Simak, ya!

Jurusan IT di Dunia Broadcasting


IT Broadcast


Pekerjaan ini melaksanakan operasional sistem IT Broadcast dengan membantu tim lain yang bekerja untuk produksi acara. Di perusahaan penyiaran terdapat tim Home Channel Operations dan In House Productions yang pekerjaannya akan lancar apabila dibantu oleh tim IT Broadcast. Jadi, tugas IT Broadcast antara lain bertanggungjawab ketersediaan dan kehandalan sistem IT Broadcast, menghandel gangguan pada jaringan sesuai SOP, SLA, dan SLG, dan mengoptimalkan kualitas tayangan.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan Dunia Kerja Zaman Now

Back End Developer


Selanjutnya, ada posisi Back End Developer yang juga dibutuhkan dalam perusahaan stasiun TV. Tugasnya adalah untuk mengatur pertukaran data antara server dan user. Terfokus pada peningkatan seluruh server-side logic, dan pembetulan yang terjadi jika ada masalah pada database pusat. Pada dasarnya, posisi ini bertanggungjawab pada sistem teknologi perusahaan serta mengurus apabila terjadi gangguan sistem. Selain dikenal dengan nama Back End Developer, pekerjaan yang hamper sejenis seperti ini juga bisa disebut sebagai IT Support atau IT Infrastructure.

Reporter IT


Jika kamu menyukai pekerjaan menulis atau melaporkan peristiwa, tapi kamu lulusan jurusan IT, kamu tidak perlu khawatir. Sebab ada pekerjaan Reporter IT yang tersedia untuk kamu. Ilmu yang dipelajari di bangku kuliah akan diterapkan secara analitikal, dimana kamu akan menganalisa dan mengamati informasi atau segala berita yang berkaitan dengan perkembangan teknologi.

Reporter dengan spesialisasi bidang IT akan meliput atau membuat artikel pendek mengenai peristiwa atau informasi hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan teknologi dan fungsi gadget, teknologi komputer dan jaringan, teknologi di bidang peralatan rumah dan peralatan sehari-hari, teknologi pada bidang perbankan, dan masih banyak lagi.

Itu lah informasi mengenai beberapa pekerjaan jurusan IT di perusahaan penyiaran yang bisa kamu coba. Apapun pekerjaan awalmu saat awal lulus kuliah sebagai fresh graduate, kerjakanlah dengan sebaik mungkin agar mendapatkan pengalaman berharga dan berguna untuk kemampuan dirimu. Sebab, pekerjaan pertama bisa saja menjadi batu loncatan yang membawamu menuju kesuksesan di masa mendatang.

Selain itu, ada pula beberapa pekerjaan lainnya untuk jurusan IT yang bisa kamu baca di artikel berikut https://www.cekaja.com/info/kuliah-jurusan-it-ini-5-pekerjaan-yang-bisa-didapat/

Related Posts

Subscribe Our Newsletter