Unsur-Unsur SEJARAH Lengkap Dengan PenjelasaNya

Unsur-Unsur SEJARAH
Secara umum sejarah adalah suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Dimana kejadian-kejadian tersebut di alami oleh manusia atau Unsur-unsur sejarah lainnya seperti ruang dan waktu. Ketika kita membahas mengenai sejarah mungkin tidak akan ada habisnya kerena ruang lingkup sejarah sangat luas.

Secara umum sejarah memiliki tiga unsur yang membentuk terjadinya sejarah. Tanpa ketiga unsur penting sejarah ini, Sejarah tidak akan dapat tercipta atau terbentuk. Selain itu dari ketiga unsur-unsur sejarah tersebut saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Sehingga ketiga unsur-unsr sejarah tersebut tidak dapat di pisahkan.

Sejarah terbentuk dari ketiga unsur tersebut. Unsur-Unsur sejarah harus ada untuk membanti terbentuknya sejarah. Nah pada artikel kali ini kita akan membasa mengenai unsur-unsur sejarah lengkap dengan penjelasannya masing-masing.

Unsur-unsur Sejarah


Secara umum sejarah memiliki tiga unsur di antaranya manusia, waktu dan ruang. berikut ini penjelasanya.

1. Manusia


Manusia adalah unsur yang paling utama dalam terbentuknya sejarah. Karena tanpa manusia sejarah tidak akan tercipta. Selain itu manusia juga menjadi objek utama dan subjek utama dalam proses terbentuknya sejarah. Manusia juga berperan dalam membentuk, mengenang, menulis dan menceritakan kembali peristiwa sejarah.

2. Ruang


Ruang juga menjadi salah satu unsur yang penting dari sejarah karena ruang menjadi tempat terjadinya sejarah. Jadi apa bila ruang tidak ada maka di mana sejarah terjadi?. Nah oleh karena itu runga memiliki peran yang sama pentingnya dengan manusia dalam pembentukan sejarah. Ruang dalam sejarah juga terbagi menjadi dua yaitu luas dan sempit. Contoh ruang luas terjadinya sejarah adalah negara, kota hingga medan perang. Sedangkan ruang yang sempti contohnya adalah kamar, rumah hingga area lahan yang luas.

3. Waktu


Unsur sejarah yang selanjutnya adalah waktu. Unsur waktu juga memiliki peran pentinga dalam terjadinya sejarah. Karena waktu kita dapat mengetahui waktu terjadinya suatu peristiwa. Tanpa waktu kita tidak akan tahu suatu peristiwa sejarah atau bukan karean waktu dapat memberi tahukan kepada kita kapan suatu perustiwa tersebut terjadi. Waktu dalam sejarah sifat nya adalah absolut misalnya satu minggu yang lalu, satu bulan yang lalu, satu tahun yang lalu, satu abad yang lalu hingga 1000 tahun yang lalu.


Kesimpulan


Semua unsur-unsur serajah memiliki peran penting dalam terbentunya sejarah. Seperti yang di katakan di atas semua insur-unsur sejarah saling melengkapi, saling terhubung dan saling berkaitn antar yang satu dengan yang lain-Ny. Demikianlah artikel mengenai Unsur-unsur sejarah semoga dapat menambah wawan kita semua. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel