Definisi SEJARAH: Unsur, Manfaat dan Ciri-ciri SEJARAH

definisi sejarah
Apa itu sejarah?, Apa pengertian Sejarah. Definisi Sejarah adalah peristiwa atau kejadian-kejadian yang terjadi pada masa lampau yang harus di ketahui memlalui peninggalan-peninggalan dari masa lalu tersebut. Maka dari itu sejarah tidak boleh di lupakan karena tanpa adanya sejarah kita tidak akan ada pada zaman sekarang ini.

Pengertian Sejarah secara umum adalah sebuah sudi yang mempelajari secara sistematis tetang setiah perubahan peristiwa yang terjadi pada dinamika kehidupan masyarakat dengan berbagai aspek yang aspek yang terjadi pada masa lampau. Jadi kita sebagai pelajar harus benar-benar tekun mempelajari tentang sejarah karena sejarah juga memiliki peran penting dalam kehidupan kita.

Pengertian sejarah menurut bahasa adalah, Asal kata sejarah terbagi menjadi dua yaitu dalam arti yang luas dan dalam artian sempit. Asal kata sejarah dalam artian sempit adalah kejadian atau peristiwa. Sedangkan asal kata sejarah dalam artian yang luas adalah suatu peristiwa yang benar-benar terjadi pada kehidupan manusia di masa lampau.

Baca Juga: Definisi Ekonomi

Secara bahasa definisi sejarah di asal katanya berasal dari 3 bahasa yaitu bahasa yunani, bahasa inggris, dan bahasa Jerman. Bahasa inggris sejarah di ambil dari kata historia yang memiliki arti masa lampau. Bahasa yunani asal katanya adalah istoria yang memiliki arti belajar sedangkan bahasa jerman asal katanya adalah geschichte yang artinya kejadian yang telah terjadi. Dan yang terakhir dalam bahasa arab yaitu sajaratun yang memiliki arti pohon dan keturunan.

Ciri-Ciri Sejarah secara umum sebagai suatu cabang ilmu terdapat 5 bagian yaitu bersifat empiris, memiliki objek, memiliki teori dan memiliki metode atau kesimpulan. Kita akan membasa ciri-ciri sejarah berikut 5 ciri-ciri sejarah beserta penjelasanya.

Yang pertama bersifat empiris maksudnya adalah sejarah sangat bergantung pada pengalaman manusia. Yang kedua Sejrarah memiliki objek maksudnya adalah sejarah juga memiliki objek ada dua objek sejarah yaitu waktu dan manusia. Sejarah memiliki teori maksudnya adalah sejarah seperti dengan cabang ilmu yang lain yang memiliki teori untuk di pelajari. Dimana teori sejarah ini di gunakan untuk mendukung argumen sejarah. Yang ke 4 sejarah memiliki metode maksudnya sejarah memiliki metode untuk melakukan pengamatan atau penelitian. Yang terakhir adalah generslisasi yaitu sejarah dapat di ambil sebagai kesimpun dari sebuah penelitian.

Unsur-unsur sejarah secara umum terbagi menjadi tiga bagian yaitu manusia, ruang dan waktu. Selain itu sejarah juga memiliki manfaat. Manfaat sejarah adalah mengetetahui kejadian pada masa lampau, sebagai sumber inspirasi, Sebagai sumber rekriasi dan memperluas wawasan pemikiran. Penjelasan lengkap tentang tiga unsur-unsur sejarah.

Definisi Sejarah Menurut para ahli


1. Aristoteles

Dfinisi sejarah memurut aristoteles adalah sebuah sistem yang meneliti sebuah persitiwa tertnetu sejak pada awal dan tersusun dalam sebuah bentuk kronologi.

2. E. H. Carr

Definisi sejarah menurut E. H. Carr adalah suatu dialog yang tidak pernah memiliki ujung antara masa yang sekarang dan masa lampau, suatu proses interaksi ini berkelanjutan dan saling berkaitian antara sejarawan maupun fakta-fakta yang dimilikinya.

Demikianlah artikel mengenai definisi sejarah dan penggertian sejarah menurut para ahli semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan dan manambawah wawasan kita semua. Baca Juga: Prinsip Demokrasi

Related Posts

Subscribe Our Newsletter