Mengapa Mahasiswa Malas Belajar? Berikut Ini Penyebab Mahasiswa Malas Belajar

Mengapa Mahasiswa Malas Belajar? Berikut Ini Penyebab Mahasiswa Malas Belajar
Mengapa Mahasiswa Malas Belajar – Bagi pelajar uang masih berada pada tingkat sekolah menegah atas atau biasa di singkat denga SMA atau siswa yang belajar di bawahanya (SMP dan SD) tentu masih memiliki rasa semangat untuk belajar yang tinggi. Semuta tugas sekolah atau pun tugas rumah yang di berikan oleh guru di sekolah pasti masih semangat untuk menyelesaikan-Nya. Namun apa bila siswa tersebut memasuki perguruan tinggi dan menjadi mahasiswa akan menagalami penurunan rasa semangat belajar tapi tidak semua mahasiswa begitu.

Nah bagi mahasiswa yang sudah lama di kampus atau mahasiswa yang sudah semester lanjut tentu akan merasakan hal tersebut, pada saat dosen memberikan tugas kepada mahasiswa tentu ada saja alasan atau keluhan yang di keluarkan mahasiswa untuk mengerjakan tugas. Dan pada artikel ini bungkildotcom akam meberikan  alasan atau penyebab mahasiswa menjadi malas belajar.

Baca Juga: Skill Yang Harus Kamu Kuasai Untuk Masuk Kedunia Kerja

Penyebab Mahasiswa Malas Belajar


1. Kecanduan Gamon (Game Online)


Alasan yang pertama sudah sering didengar di kalangan anak milenial sekarang yaitu kecanduan gamon atau kecanduan game online, game online pada saat ini sudah tersebar di semua kalangan baik itu bocil (bocah kecil), anak remaja hingga orang – orang sudah dewasa yang harusnya fokus menafkahi keluarga namun mereka kebanyakan masih sibuk untuk bermain game online.

Pada zaman yang modern ini dan sudah serbah canggih, tidak mengherankan jika manusia sekarang sulit untuk lepas dari yang namanya game baik itu game offline terlebih lagi dengan game online. Game online saat ini sudah beragam baik itu game sport, game rpg hingga game perang yang bersifat battleroyal seperti pubg dan free fire yang sedang populer di kalangan anak milenial sekarang ini.

Pada saat berhadapan dengan tugas kuliah yang di berikan oleh dosen, game online tentu menjadi penghalang bagi mahasiswa untuk mengerjakan tugas, apa lagi tugas tersebut di kerjakan bareng – bareng dengan teman yang juga hobi bermain game, nah apabila salah satu dari mereka mengajak dengan mengatakan MABAR atau yang kepanjanganya main bereng tentu semua akan ikut, hal ini lah yang membuat kebanyakan mahasiswa tidak mengerjakan tugas mereka.

2. Tugas Yang Bertumpuk


Tugas yang bertumpuk yang di berikan oleh dosen di kampus juga menjadi alasan bagi mahasiswa untuk malas belajar dan mengerjakan tugas. Tugas yang banyak dan bertumpuk seharusnya menjadikan mahasiswa giat untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas-Nya namu kebanyakan mahasiswa pada  saat ini ketika melihat tugas yang banyak dan bertumpuk akan membuatnya menjadi malas untuk mengerjakan tugasnya.

Selain itu ketika mahasiswa di berikan banyak tugas oleh dosen juga mereka akan lebih memilih menyontek di bandingkan mengerjakan-Nya sendiri, di tambah lagi jika tugas yang di berikan juga sangat susah akan membuat mereka semakin malas mengerjakan-Nya dan lebih memilih untuk menyontek dari pada susah payah untuk mengerjakan sendiri.

3. Tidak PD Dalam Belajar


PD atau percaya diri merupakan kekutan besar bagi seorang mahasiswa bagi mereka yang memiliki percaya diri yang besar namun berbeda bagi mereka yang seikit pemalu atau tidak percaya diri akan menjadi beban bagi mereka dalam belajar, selain itu ketika mereka mengalami keadaan tidak PD atau tidak percaya diri akan membuat nilai mereka di kampus akan hancur. PD juga membuat mahasiswa malas belajar dan akan menambah kemungkinan terbutuk mendapatkan IPK rendah dari dosen.

4. Terkena Virus Sosmed


Hampir mirip dengan kecanduan pada game online yang membuat mahasiswa malas belajar dan alasan yang membuat mahasiswa malas belajar selanjutnya adalah terkena virus social media atau kecanduan social media akan membuat mahasiswa menjadi malas belajar. Sosmed adalah media komunikasi pada kalangan remaja saat ini, bahkan pada saat ini berkomunikasi di dunia nyata tidak lagi sesering dulu sebelum adanya sosmed, orang – orang sekarang lebih nyaman berkomunikasi di media social.

Social media dapat memberikan dampak buruk bagi mereka yang tidak hati – hati dalam bermain social media. Dan kabar buruknya seperti yang di lansir pada situs kompas.com, penelitian yang di lakukan oleh perusahaan asal inggris yang bekerja sama hootsuit yang menemukan jika rata –rata Indonesia menghasbis kan waktu 1 jam 23 menit sehari dalam mengakses sosmed, dan hal ini dapat membuat orang menjadi malas.

5. Keseringan Nongkrong


Sebagai anak muda sekarang tentu lebih seringa nongkrong dan menghabiskan waktu bersama teman – teman mereka, terlebih lagi pada saat yang sekarang ini banyaknya warkop (warung kopi) dan kafe sebagai tempat untuk nongkrong yang dapat lebih menambah semangat untuk menghabiskan waktu bersama teman- teman mereka dari pada untuk belajar dan mengerjakan tugas.


6. Keseringan Tidur


Ketika kita mendengar kata mahasiswa mungkin yang terlintas di pikiran kita adalah begadang, memang sih kebanyakan mahasiswa pada saat ini tidur di atas  jam 12 malam sehingga pada siang hari membuat mereka mengantuk dalam kelas dan tidur, mereka menggunakan waktu kerja tugas untuk di gunakan tidur. Namun tidak semuanya juga mahasiswa begitu.

7. Tidak adanya Motivasi


Dan alasan yang terakhir yang membuat seorang mahasiswa malas belajar dan mengerjakan tugas adalah tidak adanya motivasi baik itu dari teman – teman, orang tua dan keluarga. Tentunya mahasiswa butuh seseorang untuk memberikan motivasi bagi mereka agar lebih giat lagi belajar dan mengerjakan tugas baik itu dari teman hingga bahkan orang tua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel