Keutamaan Bulan RAMADHAN dan Bekal yang Harus di Persiapkan Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan dan Bekal yang Harus di Persiapkan Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Amalan - Amalan Ibadah Dalam Bulan Ramadhan


Puasa, puasa adalah ibadah yang hanya di peruntukan untuk Allah SWT dan Allah sendirilah yang akan membalasnya pada hari kemudian. Jadi ibadah puasa itu memiliki keutamaan yang besar pada bulan ramadhan.

Sholat, terutama sholat fardhu karena sholat fardhu adalah bukti dari keislaman seseorang. Selain itu ada banyak juga sholat – sholat sunnah lain-Nya yang memiliki keutamaan besar pada bulan ramadhan contohnya solat tarawih dan sholat qiamul lail.

Baca Juga: Ternyata Inilah 4 Amalan Yang Dirindukan Surga Yang Jarang Diketetahui

sedekah, sedekah juga termasuh ibadah yang memiliki keutamaan besar di bulan ramadhan, walaupun sedekah juga di anjurkan dilakukan pada bulan – bulan lain-Nya. Satu sedekah yang di khususkan dalam bulan Ramadhan adalah zakat fitrah yang di bayar sebelum idhul fitri.

Membaca Al Qur'an, membaca Al Qur’an sangat di anjurkan pada bulan ramadhan, orang yang membaca Al Qur’an pada bulan ramadhan akan mendapatkan pahala yang besar, karena pada bulan ramadhan adalah bulan di mana di turunkanya Al Qur’an itulah sebabnya membaca Al Quran di bulan ramadhan sangat di anjurkan.

Berdoa, Allah SWT berkata kepada nabi Muhammad “beritahu kepada umat mu bahwa aku dekat dengan nya, ketika dia berdoa kepada ku aku akan menjawabnya” 3 doa yang mustajab adalah

  • doa orang yang musafir
  • doa orang tua kepada anaknya 
  • dan doa orang yang berpuasa.

Beritikaf pada 10 malam terakhir pada bulan ramadhan. Nabi Muhammad Saw senang tiasa beritikaf pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan hingga iya di wafatkan
Umroh, sebagai mana sabda Rasulullah Saw "barang siapa yang berumroh pada bulan Ramadhan, sama dengan berhaji bersama Rasulullah Saw".

Baca Juga: Laki - Laki Harus Baca, Kewajiban Anak Lelaki Terhadap Ibunya Setelah Dia Menikah

Itulah 6 ibadah yang sangat di anjurkan pada bulan Ramadhan walaupun semua ibadah juga di anjurkan pada hari lainya.

Keutamaan di Bulan Ramadhan


Ada malam yang sangat mulia pada bulan Ramadhan yaitu 10 malam terakhir pada bulan Ramadhan, dan pada bulan Ramadhan juga terdapat malam sangat mulia yaitu malam Lailatul Qadar di Mana pada malam Lailatul Qadar lebih baik dai 1000 bulan. Kemudian pada keutamaan bulan Ramadhan adalah di tutupnya pintu neraka dan dibuka nya pintu pintu surga serta di belenggunya saytan - saytan agar tidak leluasa menggoda untuk berbuat maksita. Pada bulan ramadhan juga banyak orang - orang yang di bebaskan nya dari api neraka, di setiap malam bulan Ramadhan aka nada orang yang di bebaskan dari api neraka.

Di Tinjau Dari Sejarah Bulan Ramadhan


Di tinjau dari sejarah bulan Ramadhan itu adalah bulan jihad banyak terjadi peperangan dan banyak di menangkan oleh ummat Islam, perang yang terjadi pada bulan Ramadhan adalah perang badar yang terjadi pada 17 Ramadhan. Juga pada bulan Ramadhan terjadi fathu mekkah yaitu penaklukan kota Mekkah. Bulan Ramadhan adalah bulan kemenangan bagi ummat Islam.

Di antara kemenangan besar dalam Islam itu tidak di perintahkan untuk di rayakan karena di dalam Islam hanya ada dua hari raya dalam Islam yaitu idul Fitri dan idul Adha yang di rayakan setiap tahunnya. Dan pada malam Lailatul Qadar tidak di perintahkan untuk di rayakan namun sangat di anjurkan untuk mengisinya dengan ibadah.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Lengkap Dengan Gambar Dan Vidio

Pertanyaan Yang Terkait Dengan Bulan Ramadhan


Pertanyaan: kenapa pada bulan Ramadhan masih ada bisikan dari saytan untuk berbuat maksiat sedangkan pada bulan Ramadhan telah di sebutkan jika saytan telah di ikat.

Jawaban: saytan yang di ikat pada bulan Ramadhan itu adalah saytan yang kuat (pemimpin) dan yang kecil kecil masih di biarkan berkeliaran. Di dalam tubuh manusia juga masih ada nafsu yang yang mendorong untuk berbuat maksiat. Terdapat juga saytan dari kalangan manusia yang dapat menggoda untuk berbuat maksiat.

Persiapan menyambut bulan Ramadhan


  • Niat
  • Berusaha dengan sungguh sungguh untuk mengerjakan kebaikan di dalam bulan Ramadhan
  • Menambah ilmu pengetahuan mengenai hukum hukum yang terkait dengan bulan Ramadhan
  • Membuat perencanaan yang ingin di kerajakan dalam bulan Ramadhan
  • latihan berpuasa pada bulan syaban dan ibadah2 lainya (qiamullail dan membaca Alquran)
  • senang tiasa berdoa agar pada bulan Ramadhan (di sampaikan pada bulan Ramadhan, selalu untuk berbuat Ibadah pada bulan ramadhan, berdoa agar semua ibadahnya di terima di sisi Allah SWT)
  • Memperbaharui Taubat dan senang tiasa bertaubat kepada Allah SWT

Nah itulah keutamaan bulan ramadhan dan persiapan sebelum menyambut bulan suci ramadhan. maaf kalau ada kata dari artikel ini yang kurang jelas karena artikel ini ambil dari apa yang saya dengarkan pada salah satu taklim yang ada di daerah saya yang di bawakan oleh Syaikh Abdullah Az-zaidani (murid syaikh Al-Utsaimin Rahimullah). mungkin itu saja yang bisa saya share semoga bermanfaat untuk kita semua

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel