Laki - Laki Harus Baca, Kewajiban Anak Lelaki Terhadap Ibunya Setelah Dia Menikah

laki - Laki Harus Baca, Kewajiban Anak Lelaki Terhadap Ibunya Setelah Dia Menikah
Bungkill - Islam adalah agama yang sempurna, kenapa? Karena dalam Islam semua sudah diataur dan di permudah di antara kewajiban anak lelaki terhadap orang tua, kewajiban anak lelaki yang sudah menikah terhadap ibunya, kewajiban anak perempuan setelah menikah serta kewajiban seorang anak untuk berbakti kepada orang tua seperti yang di jelaskan dalam Al - Qur'an surah Al-isra ayat 23 - 24 yang artinya berbunyai:

Dan Rabb-mu telah memerintahkan kepada manusia janganlah ia beribadah melainkan hanya dan hendaklah berbuat baik kepada orang tua dengan sebaik - baiknya. Dan jika salah satu dari keduanya atau kedua-duanya telah berusia lanjut di sisimu maka janganlah katakan kepada keduanya "ah" dan janganlah kamu membentak keduanya" (QS Al-isra :23)
Dari ayat di atas kita dapat mengambil pelajaran jika kewajiban kita sebagai anak adalah berbakti kepada orang tua di antaranya dengan memberikan kasih sayang kepada orang tua seperti mereka memberikan kita kasih sayang sewaktu kecil.  Namun berbeda dengan anak perempuan yang telah menikah maka haknya akan berpindah kepada suaminya berbeda dengan anak laki - laki yang telah menikah kewajiban akan tetap berlanjut walaupun dia sudah memiliki istri, anak lelaki akan tetapi mengabdi kepada orang tuanya khususnya kepada ibunya. Nah berikut ini kewajiban anak laki-laki terhadap ibunya setelah menikah

1. Berbakti Kepada Ibunya

Seperti yang di jelaskan pada QS Al-isra ayat 23 di mana kewajiban seorang anak terhadap orang tuanya adalah berbakti kepada keduanya termasuk anak lelaki yang telah menikah kewajiban akan tetap berlanjut khususnya kepada ibunya.

"Dan seorang yang berbakti kepada kedua orang tuanya, dan bukannya ia orang yang sombong lagi durhaka". (Q.S Maryam:14)

Umumnya pada anak lelaki yang telah menikah sering kali melupakan kewajiban dan tanggungjawabnya Kepada ibunya karena dia telah memiliki seorang wanita cantik istri dan melupakan ibunya yang telah melahirkannya dan memberikan kasih sayang kepada di waktu kecil dan kebanyakan sekarang anak lelaki membiarkan ibunya bekerja layaknya pembantu di rumahnya dan perbuatan itu menyimpang dari ayat di atas yang tidak sepatutnya di lakukan sebagai seorang anak.

Anak lelaki harus lebih memberikan perhatian kepada ibunya walaupun dia sudah memiliki istri, anak lelaki harus memenuhi kebutuhan ibunya dan mengerjakan apa yang telah di perintahkan oleh ibunya selama itu masih sesuai dengan syariat Islam, semoga kita termasuk diantara anak - anak yang berbakti kepada kedua orangtua, amin.

2. Menyangi Dengan Sepnuh Hati

Perjuangan Seorang Ibu dalam melahirkan dan merawat anak - anaknya tidak akan bisa bagi seorang anak untuk membalas apa yang telah di lakukan ibunya, namu kita sebagai seorang anak harus menyanyangi ibu sepenuh hati dan tidak membuat ibu meneteskan air mata. Sebagai seorang anak wajib bagi nya untuk menyanyangi ibunya mengikuti apa yang di perintahkan kan ibunya selama masih dalam koridor Islam termasuk itu bagi anak laki laki yang telah menikah.

3. Menghormati dan Sopan

Kewajiban seorang laki - laki yang telah menikah adalah menghormati dan sopan kepada ibu. Anak laki - laki juga di wajib kan untuk bersikap sopan dan bertutur kata yang baik di depan ibunya, seorang anak tidak boleh membentak ibunya, saat berbicara harus dengan kata yang lembut kepada ibunya. Khusus buat suami untuk membimbing istrinya untuk bersikap sopan kepada ibunya karena seorang mertua adalah ibunya dan menyanyaginya seperti ia menyanyagi ibunya sendiri.

4. Bersikap adil dalam nafkah ibu dan istri

Dalam masalah nafkah hal ini sering menjadi masalah dalam rumah tanggal, dan pertanyaan yang sering muncul adalah, siapakah yang lebih di dahulukan untuk di nafkahi istri dan anak - anaknya atau ibunya? Dalam Islam seorang suami memang di wajibkan untuk menafkahi istri lahir dan batin, namun jika semua kebutuhan istri sudah terpenuhi makan wajib baginya untuk menafkahi ibunya karena seorang anak haram hukumnya untuk menelantarkan ibunya.

5. Merawat Dengan Baik

Sudah di jelaskan dalam Islam perintah untuk berbuat baik kepada kedua orang tua dan telah di tulis secara jelas dalam Al Qur'an Q.S Luqman ayat 14 yang Artinya " dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya, ibu yang telah mengandungnya dalam keadaan lemah bertambah - tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kepada ku kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepadamulah tempat kembali ku". Sebagai seorang anak kita harus benar - benar berbakti kepada kedua orang tua, berikan mereka kasih sayang dan tempat tinggal yang layak, kita juga harus mampu merawat orang tua kita pada saat di tua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel