Mahasiswa Harus Tau, 5 Tips Menghemat Uang Secara Efektif

Bungkill.com - Permasalahan setiap mahasiswa ada pada finansial khususnya untuk mahasiswa kost - kostsan atau mahasiswa rantau yang jauh dari orang tua di mana mereka harus mengatur keuangan sendiri untuk agar mencukupi kebutuhan mereka selama beberapa minggu kedepan.

Pada waktu tanggal tua bagi mahasiswa tentu mengalami permasalahan - permasalahan keuangan mereka akan pusing memikirkan kebutuhan mereka karena pada saat itu mereka dompet mereka mulai kering di tambah lagi jika mereka harus membayar kebutuhan - kebutuhan kuliah.

Menjadi anak kost - kostsan yang tinggal jauh dari orang tua menuntut kamu lebih pintar mengatur keuangan yang kamu miliki kau juga haru pintar dalam membeli kebutuhan dan cerdas dalam membedakan yang mana kebutuhan mendesak dan tidak mendesak itu akan mempengaruhi keuangan kamu.

Jadi jangan sampai kamu mengalami masalah kehabisan pada tanggal tua apa lagi ketika ketika kamu tidak mendapatkan pinjaman dari teman itu akan menjadi hal yang paling menakutkan bagi mahasiswa, nah saya akan memberikan tips menghemat uang.

1. Utamakan Yang Lebih Penting

Kesalahan dalam berhemat yaitu dengan membeli barang secara berlebihan. Hampir semua orang menganggap jika semua barang itu penting namu itu semua keliru karena ada barang yang lebih di butuhkan atau sangat di butuhkan dalam kehidupan sehari-hari namun kebanyakan orang lebih mengikuti nafsu mereka untuk membeli barang yang mereka inginkan, mereka tidak memikirkan janganka panjang kedepanya. Untuk kamu yang ingin menghemat uang kamu harus mengetahui mana barang yang di butuhkan dan yang tidak di butuhkan.

2. Hindari Makan Di Warung

Hampir semua kebiasaan mahasiswa ketika tanggal muda pada saat itu mereka baru saja menerima kiriman dari orang tua, nah pada saat itu mereka makan di warung dan tidak memikirkan nasib kedepanya, ketika kamu makan di warung kamu akan menghabiskan kira - kira 25 ribu untuk satu kali makan nah coba kamu mengira - ngira berapa yang kamu habiskan untuk makan di warung,  Padahal ada yang labih hemat dengan masak sendiri atau membeli lauk di warung dengan harga murah. Nah bagi kamu yang mau berhemat sebaiknya untuk tidak makan di warung.

Baca Juga


3. Kurangi Jajan

Bagi Mahasiswa kebiasaan mereka adalah nongkrong dengan teman - teman, pada saat mereka nongkrong dengan temannya mereka akan ngemil atau membeli jajan itu akan mengeluarkan uang yang boleh di bilang tidak penting. Di sini saya tidak melarang ngumpul dengan teman tapi sebaiknya kurangi pengeluaran uang pada saat nongkrong dengan teman.

4. Tidak Merokok / Membatasi Rokok

Ini khususnya bagi mahasiswa laki - laki yang perokok. Rokok ada barang yang sangat berbahaya untuk di konsumsi namun kebanyakan orang saat ini suka menikmati rokok padahal rokok itu penuh dengan penyakit yang berbahaya, selain berbahaya rokok juga memiliki harga mahal dan bagi mereka yang kecanduan merokok akan ketergantungan dan harus membeli rokok untuk memuaskan dirinya dan ini akan menjadi masalah besar bagi mahasiswa perokok itu akan lebih cepat menghabiskan rokok, jadi bagi mahasiswa yang perokok sebiknya berhenti merokok atau mengurangi untuk membeli rokok.

5. Mencari Kerja Sampingan

Mungkin bagi mahasiswa yang sudah semester tinggi akan memiliki waktu yang lebih banyak dari mahasiswa - mahasiswa baru, atau terkadang juga mahasiswa baru memiliki waktu yang kosong, bagi mahasiswa yang memikirkan kebutuhan sehari-hari untuk menghemat atau menambah uang makan mereka akan mencari kerja sampingan dan memang ini lebih efektif untuk menghemat uang bagi mahasiswa, ada banyak pekerjaan atau bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang tidak menggangu kuliah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel