Iklan Atas Bungkill.com

Mau Sukses, Inilah Skill Yang Harus Kamu Kuasai Untuk Masuk Kedunia Kerja
4/ 5 stars - "Mau Sukses, Inilah Skill Yang Harus Kamu Kuasai Untuk Masuk Kedunia Kerja" Skill atau keahlian adalah sebuah kemampuan seorang individu yang dikuasai dalam bidang tertentu, meskipuna dalam dunia kerja sering di a...

Mau Sukses, Inilah Skill Yang Harus Kamu Kuasai Untuk Masuk Kedunia Kerja


Mau Sukses, Inilah Skill Yang Harus Kamu Kuasai Untuk Masuk Kedunia Kerja
Skill atau keahlian adalah sebuah kemampuan seorang individu yang dikuasai dalam bidang tertentu, meskipuna dalam dunia kerja sering di artiken sebagai gabungan dari pengetahuan dan keterampulan seseorang. Keahlian atau keterampilan merupakan sesuatu yang sangat di butuhkan oleh seseorang jika ingin terjuan ke dunia kerja, pada saat ini banyak perusahaan lebih mengedepankan skill atau keahlian dalam mencari karyawan di bandingan melihat nilai sekolah.

Soft skills adalah keahlian atau kepandaian yang dimiliki seseorang dalam berintraksi atau berkomunikasi dengan orang lain (interpersonal skills) dan keterampilan dalam memenge atau mengatur dirinya sendiri (intrapersonal skills) yang mampu dia kembangkan dirinya dalam dunia kerja agar lebih maksimal. Soft skill merupakan salah satu keahlian yang dibutuhkan untuk masuk dunia kerja, perusahaan juga lebih menilai seseirang yang pandai berkomunikasi dan merupakan aspek penting untuk terjun kedunia kerja.

Contoh atau ketagori yang masuk sebagai soft skills adalah inisiatif, integritas, moral, team work, leadership, keinginan belajar, ketekunan, mendengarkan, tangguh, fleksibel, mampu berkomunikasi secara lisan, dapat di percaya (jujur), berargumen secara logis, dan lan – lain. Dari semua keterampilan tersebut banyak berkembang dalam lingkungan masyarakat, jika ingin sukses berusahalah untuk menguasai skills diatas walaupun hanya sebagian.

Hard skills adalah penguasaan ilmu engetahuan teknologi serta keterampilan teknis yang ada hubunganya dengan bidang ilmunya. hard skill juga merupakan keahlian yang harus di kuasai oleh seseorang yang jika ingin masuk dalam dunia kerja. Berikut contoh hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Refrensi Bacaan

hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja

1. kemampuan dalam menguasai bahasa asing

bahasa asing merupakan hard skills yang menjadi keahlian yang harus di kuasai untuk masuk kedunia kerja, khususnya bahasa inggris, kenapa bahasa inggris? Kita semua sudah tahu jika bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang banyak di kuasai di seluruh Negara yang ada di dunia ini. Dalam dunia kerja bahasa asing menjadi prioritas untuk masuk dalam dunia kerja apa lagi jika CV di tulis dalam bahasa inggris  tentusaja akan di prioritaskan untuk masuk kedalam sebuah perusahaan. Keuntungan lain jika kamu mampu berhasa asing khususnya bahasa inggris kamu dapat bekerja keluar negri tentunya gaji diluar negri luamyan besar.

2. Setifikat atau piagam

Setifikat atau piagam juga termasuk dalam hard skills yang di butuhkan dalam dunia kerja, kempuan yang herus dimiliki seseorang harus di tunjang dengan sertifikat atau piagam sebagai bukti jika skills tersebut memang betul – betul di kuasai. Jika kamu memiliki banyak piagam atau sertifika saya rasa akan lebih di utamakan dalam penerimaan tenaga kerja, kerena saat ini banyak perusahaan yang melakukan eliminasi atau pemfilteran terhadap kariawan baru jadi setifikat menjadi benda yang sangat peting sebelum masuk dalam sesi wawancara.

3. Kecepatan mengetik

Saat ini teknologi berkembang begitu cepat hampir semua pekerjaan di lakukan oleh teknologi. Dalam dunia pekerjaan yang bersifat perkantoran atau sejenisnya banyak di gunakan dalam perusahaan tentu benda yang banyak dipakai adalah komputer atau laptop sehingga banyak perusahaan menginginkan seorang karyawan mampu mengetik dengan cepat, karena ada saatnya perusahaan membutuhkan proposal atau lainya. Maka dari itu perusahaan membutuhkan seorang karyawan yang memiliki kecepatan mengekik yang tinggi agar dapat selesai dengan cepat dan sempurna.

4. Menguasai komputer atau yang lainya

Seperti yang telah saya sebutkan di atas saat teknologi sudah berkembang banyak pekerjaan yang dilakukan dengan bantuan teknologi khususnya komputer, oleh karena itu perusahaan sangat membutuhkan karyawan yang mampu mengoprasikan alat elktronik khususnya komputer atau laptop. Jika kamu kampungan (maaf sedikit kasar) atau kurang mahir dalam mengoprasikan kemputer kamu akan kebingungan dalam bekerja di perusahaan karena saat ini banyak perushaan bukan banyak hapir semua perusahaan menggunakan komputer untuk menunjang pekerjaan dalam perusahaan tersebut.

5. Selalu up date dalam dunia teknologi software

Dalam dunia kerja khususnya yang bekerja dalam perusahaan harus up date mengenai teknologi software kerena perusahaan saat ini banyak menggunakan software dalam mebantu pekerjaan karywannya di perusahaan, maka dari itu jika kamu ingin bekerja di perusahaan kamu harus menguasa berbagi software dan harus up date mengenai software itu.

nah itulah macam-macam hard skill yang dibutuhkan dalam pekerjaan, bagaimana mungkin teman – teman sudah mendapatkan bayangan kemampuan yang harus di kuasai sebelum masuk dalam dunia kerja, maka dari itu belajar lah sejak dini. Nah berikutnya saya akan membahas macam-macam soft skill yang dibutuhkan dalam pekerjaan.

Refrensi Bacaan

soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja

1. kemapuan dalam berkomunikasi

kemampuan berkomunikasi masuk dalam ketagori sebagai softskill dan kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, kemampuan komunikasi memiliki kaitan dengan berbicara. Kempuan berkomunikasi dapat membantu karyawan dalam beradaptasi di lingkungan perusahan agar lebih akrab dengan orang orang sekitarnya.

2. Felksibel

Fleksibel dapat membantu karyawan dalam menerima keputusan rapat apapun hasil dalam keputusan rapat tersebut dan menjalankan hasil kaeptusan rapat, seorang yang dapat memiliki kemampuan flesibelitas dapat menajadi hal baik bagi orang lain dan memberikan motivasi kepada orang lain dalam menyikapi masalah yang di hadapi.

3. Leadership

Seseorang yang memiliki sifat kepemimpinan akan mampu merencanakan pekerjaan, contoh orang yang memiliki kepemimpinan adalah mampu merencanakan sesuatu dengan baik, nah jika kita akan memiliki sifat leadership akan membantu dalam pekerjaan dan akan menambah keberhasilan pekerjaan yang kita kerjakan.

4. Motivasi

Motivasi? Memebrikan semangat baik kepada diri sendiri maupun orang lain, sesirang yang memiliki sifat intrapersonal akan mampu memotivasi dirinya sendiri baik itu dengan mendengarkan music atau menuliskan dalam bentukk kata – kata. Kita harus memiliki sifat ini agar tidak menggantungkan mood terhadap suasana.

5. Kesabaran

Kesabaran merupakan salah satu akhlak terpuji yang harus di miliki oleh semua orang dalam hal ini sabar bukan berarti lemah. Dalam dunia kerja sabar dalam mengerjakan pekerjaan baik itu pekerjaan sulit maupun pekerjaan mudah akan dapat membantu karyawan memiliki kinerja yang lebih tinggi dan keahlian akan bertamabah.

6. Sikap persuasive

Sikap persuasive adalah kemampuan seseorang dalam berkomunikasi dengan tujuan membangun kepercayaan dengan orang lain. Sikap persuasive dapat dimikil semua orang namun kadar dari sikap persuasife yang dimiliki oleh setiap orang berbeda – beda, nah jika seorang karywan memiliki sikaf persuasive yang lebih tinggi akan di senangi oleh atasan. 

7. Kreativitas

Semua perusahaan tentunya memiliki permasalahan yang berbeda – beda, dari seiap waktu juga memiliki permasalahan nah di sini diharapkan seorang yang bekerja dalam perusahaan tersebut dapat memuliki kreativitas dalam menyelesaikan masalah yang dimikili oleh setiap perusahaan tempat dia bekerja.

8. Team work

Kerja sama menjadi salah santu kunci kesuksesan sebuah tim, dengan bekerja sama dalam mengerjakan sesuatu akan lebih mudah, bekerja sama juga dapat meningkatkan keakraban antara satu keryawan dengan karyawan lainya hal ini akan merikan dampak besar bagi perushaan dan memberika peluang kesusean lebih besar.

9. Pandai dalam mengatur waktu (disiplin)

Menurut saya kunci dan paling utama dalam mencapai kesuksesan adalah di siplin, kenapat? Karena jika seseorang tidak di siplin yakin dan percaya akan banyak meninggalkan pekerjaanya atau pekerjaan tidak lebih optimal, walaupun kita memiliki kemampuan yang tinggi jika tidak disiplin itu tidak artinya krena kemapuan yang kita memiliki tidak akan maksimal karena lebih seiring membuang – buang waktu. Lain halnya jika seorang yang memiliki kehalian kurang jika dia memiliki tingkat kedisiplinan tinggi akan membantu dia meningkatkan kemampuanya.

10. Etika dalam bekerja

Akhlak dalam bekerja itu sangat penting, bekerja dengan senior, junior atau atasan tentunya memiliki etika, etika yang baik akan banyak di senangi oleh orang – orang sekitar kita sebaliknya ketika memiliki etika yang tidak baik akan memiliki peluang besar untuk di keluarkan dari perusahaan atau tempat kita bekerja karena dapat berdampak beruk dengan karyawan lain.

11. Kemampuan dalam mengatur keuangan

Kemapuan dalam mengatur keuangan harus di miliki oleh seorang individu maupun perusahaan, saat ini perushaan banyak mengalami masalah dengan keuangan jika kamu memiliki kemapuan tersebut kamu akan memiliki peluang lebih besar untuk di terima dalam perusahaan.

Nah itulah keahlian yang dibutuhkan di masa depan. Di tambah lagi perkembangan zaman lebih maju maka akan banyak persaing – pesain diluar sana jadi sebaiknya mulai mempelajari untuk menguasai skill – skill diatas akar apat bersaing dalam dunia kerja. Untu menganalisa soft skills dan hard skills dibutuhkan kepekaan bukan hanya peka, kemampuan itu harus di ukur agar dapat di kembangkan. skill yang harus dimiliki yang harus  dimiliki harus benar – benar di asah agar dapat menang dalam persaingan.

#Bisnis    #Edukasi    #Inspirasi

Postingan Terbaru Bungkill.com

Lihat semua

Follow by Email