Iklan Atas Bungkill.com

Defenisi Manajemen: Fungsi, Tujuan, Unsur dan Jenis - Jenis Manajemen
4/ 5 stars - "Defenisi Manajemen: Fungsi, Tujuan, Unsur dan Jenis - Jenis Manajemen" Apa yang dimaksud manajemen?  Pengertian Manajemen adalah ilmu dan seni dalam mengolola sumber daya yang ada agar lebih efesien dengan ca...

Defenisi Manajemen: Fungsi, Tujuan, Unsur dan Jenis - Jenis Manajemen


Defenisi Manajemen: Fungsi, Tujuan, Unsur dan Jenis - Jenis Manajemen
Apa yang dimaksud manajemen?  Pengertian Manajemen adalah ilmu dan seni dalam mengolola sumber daya yang ada agar lebih efesien dengan cara bekerja sama dalam sebuah wadah yang bernama organisasi. Sedangkan manajemen secara bahasa adalah di ambil dari bahasa prancis yaitu manahement yang artinya seni dalam mengatur atau melaksanakan.

Ada banyak sekali pengertian yang telah di kemukakan oleh banyak orang dan itu tidak bisa di salahkan karena pengertian manajemen itu mengarah langsung pada fungsi manajemen yang sebenarnya. Dan banyak para ahli yang telah berpendapat tentang pengertian manajemen, berikut pengertian manajemen menurut para ahli.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli.

  1. Mary Parker Follet

Mary Parker Follet berpendapat jika pengertian manajemen adalah sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.dengan begitu, seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan sebuah organisasi.

  2. George R. Terry

George Robert Terr berpendapat jika pengertian manajemen adalah sebuah proses yang khas yang terdiri dari beberapa tindakan; perencanaan, pengorganinasian, menggerakkan, dan pengawasan. Semua hala tersebut dilakukan untuk menentukan dan mencapai target atau sasaran yang ingin dicapai dengan memanfaatkan semua sumber daya, termasuk sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

3. Henry Fayol

Henry Fayol berpendapat jika pengertian manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengawasan/ kontrol terhadap sumber daya yang ada agar mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

4. Ricky W. Griffin

Ricky W. Griffin berpendapat jika pengertian manajemen adalah sebuah proses perencanaan, proses organisasi, proses kordinasi, dan proses kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

Efektif yang dimaksud adalah tujuan dapat tercapai sesuai rencana, sedangkan efisien artinya tugas dijalankan dengan benar, teroganisir, dan selesai sesuai jadwal.

3. Lawrence A. Appley

Lawrence A. Appley berpendapat jika arti manajemen adalah sebuah keahlian yang dimiliki seseorang atau organisasi untuk menggerakkan orang lain agar mau melakukan sesuatu.

5. Oey Liang Lee

Oey Liang Lee berpendapat jika pengertian manajemen adalah ilmu atau seni dalam perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengendalian terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

6. Hilman

Hilman berpendapat jika pengertian manajemen adalah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui perantara kegiatan orang lain serta mengawasi usaha-usaha setiap individu guna mencapai tujuan yang sama.

7. Dr. Ahuja

Dr. Ahujae berpendapat jika pengertian manajemen adalah pihak-pihak yang menawarkan/ menyediakan jasa untuk bidang yang berhubungan dengan manajemen.

8. Renville Siagian

Renville Siagian berpendapat jika pengertian Manajemen adalah salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.

9. Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A

Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A berpendapat jika  pengertian manajemen adalah ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial eksak bukan dari tanggungjawab keselamatan serta kesehatan kerja baik dari sisi perencanaannya.

10. James A.F.Stoner

James A. F. Stoner berpendapat jika pengertian manajemen adalah suatu proses perencaan, pengorganisasian, leadership, serta pengendalian upaya dari anggota organisasi tersebut serta penggunaan Sumber daya yang tersedia di organisasi tersebut guna mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan organisasi sebelumnya.

Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen adalah elmen dasar yang saling memiliki keterkaitan dalam sebuah proses manajemen yang dijadikan patokan dasar sorang menejer dalam melakukan berbagai kegiatan untuk kepentingan organisasi. Baca Juga: Pengertian Dan Metodologi Filsafat Yang Dijelaskan Secara Lengkap

  1. Planning (perencanaan)

Perencanaan adalah sesuatu yang sangat penting dilakukan sebelum melakukan kegiatan, manfaat perencaan adalah untuk mengurangi resiko yang terjadi ketika melakukan sesuatu kegiatan dan agar mempersiapkan hal – hal sebelum melakukan kegiatan.

Dalam mempersiapkan perencanaan hal – hal yang harus dilakukan adalah mempersiapkan hal – hal yang di perlukan untuk menunjang kegiatan, agar kegiatan bisa berjalan lancar dengan baik.

  3. Organizing (pengorganisasian)

Pengorganisasian adalah sebuah kegiatan untuk membagi pekerjaan kepada bawahan, fungsi pengorganisasian adalah untuk meringankan pekerjaan kariawan juga pekerjaan menjadi lebih efektif dan pekerjaan dapat lebih cepat.

Pengorganisasian ini di ambil alih oleh seorang menejer untuk membgikan setiap pekerjaan kepada para bawahanya, manajer juga dapat membentuk sebuah struktur organisasi

  4. Penempatan (staffing)
Staffing mirip dengan pengorganisasian, jika pengorganisasian berfokus kepada sumber daya manusia, makan staffing berfokus pada benda – benda yang akan digunakan pada suatu kegiatan.

  5. Pengarahan (directing)

Directing adalah sebuah tindakan yang di ambil untuk memberikan arahan bawahan dalam bekerja, untuk mengupayakan setiap anggota dapat bekerja lebih baik. Karena semua yang direncakan dalam sebuah bisnis harus di wujudkan dengan nyata melalui pengarahan ini.

  6. Controlling (pengawasan)

Mulai dari perencaan, pembagian kerja hingga pengarahan, hal yang terakhir dilakukan adakah mengontrol bawahan dalam bekerja. Fungsi manajemen ini adalah untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja pekerja.

Refrensi Bacaan


Unsur – unsur manajemen

Unsur – unsur manajemen adalah 6m, ini adalah dasar mempelajari manajemen, ini merupakan materi yang pertama kali di ajarkan dalam proses bangku perkuliahan. Berikut unsur – unsur manajemen yang perlu teman – teman ketahiu.

 1. Man (manusia)

Manusia adalah otak dari sebuah organisasi, dalam sebuah praktiknya adalah manusa yang membuat tujuan, perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan kepada bawahan untuk mencapai proses tujuan yang diinginkan. Setiap proses kerja manusia adalah unsur yang paling banyka terlibat.


  2. Money (uang)

Uang adalah alat pembayaran dalam membeli suatu barang, uang ini menjadi yang sangat penting sebelum manusia, uang ini di gunakan untuk membeli hal – hal yang yang diperlukan organisasi. Penggunaan uang dalam sebuah organisasi adalah sebuah biaya oprasional misalnya menggaji pegawaai dan lain – lain.

 3. Materials (bahan baku)

Material adalah bahan baku. Unsur materials adalah faktor yang cukup penting dalam perusahaan, kesuksesan perusahaan bergantung pada  kualitas materials atau bahan baku untu meningkatkan pendapatan organisasi.

  4. Machines (mesin)

Mesin adalah alat yang sangat dibutuhkan manusia dalam mengerjakan sesuatu dan lebih cepat. Mesin juga dapat meningkatkan penghasilan sebuah perusahaan dan mengoptmalkan waktu perkerjaan.

  5. Methods (metode)

Setiap pekerjaan menjadi lebih baik, efesien dan efektif ketika dilakukan dengan metode yang baik dan benar. Metode yang baik akan tercipta ketika manusia terlibat dalam melakukan metode tersebut.

 6. Market (pasar)

Pasar adalah tempat bertemnya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi yang sah. Fungsi pasar dalam bisnis adalah tempat menjula tau memasarkan produk hasil produksi subuah perusahaan. Jika pasar tidak ada maka perusahaan tidak akan dapat berkembang.

Jenis Jenis Manajemen

manajemen PAUD

manajemen paud adalah sebuah upaya untuk untuk memberikan pendidikan yang layak kepada anak usia dini agar mencapai PAUD

manajemen keuangan

Manajemen keuangan adalah  kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh ebuah organisasi atau perusahaan.
manajemen sdm

manajemen msdm adalah suatu ilmu yang mempelajari  bagaimana cara mengatur hubungan baik dengan tenaga kerja yang dimiliki oleh sesorang  agar tujuan tercapai dengan baik.

manajemen pemasaran

manajemen pemasaran adalah ilmu yang mempelajari  tentang bagaiaman metode pemasaran dalam memasarkan produk agar penjualan lebih maksimal.

manajemen strategi

manajemen strategi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara membuat perencanaan yang benar dan baik agar kegiatan dapat berjalan dengan baik.

manajemen risiko

manajemen resiko adalah sebuah tindakan dalam melakukan pendekatan dalam mengolola sesuatu yang tidak pasti yang berkaitan dengan ancaman.

manajemen operasional

manajemen oprasional adalah suatu kegiatan dalam mengolola  sdm agar lebih efektif dan efesien agar perusahaan dapat mencapai tujuannya.

manajemen bisnis

manajemen bisnis adalah sebuah kegiatan mengolola sebuah perusahaan dengan baik.

manajemen informatika

manajemen informatika adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana mendesain sebuah perusahaan yang dan benar.

manajemen pendidikan

manajemen pendidikan adalah sebuah usaha  proses untuk mencapai tujuan sebuah pendidikan yang telah ditetapkan.

manajemen waktu

manajemen waktu adalah peroses bagaimana mengatur waktu atau menyeimbangkan waktu dalam bekerja, belajar ataupun bersantai.

manajemen konflik

manajemen konflik adalah suatu pendekatan yang berorientasi pada proses yang mengarahkan pada bentuk komunikasi  dari pelaku maupun pihak luar dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan (interests) dan interpretasi.

manajemen proyek

manajemen proyek adalag sebuah kegiatan dalam dengan metode ilmiah dan inisiatif dalam menghadapi proyek.

manajemen produksi
manajemen produksi adalah adalah sebuah kegiatan dalam mengoordinas berbagai  kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu.

manajemen organisasi
manajemen organisasi adalah proses pengorganisasian, perencanaan, memimpin dan mengendalikan sumber daya dalam suatu entitas dengan tujuan keseluruhan mencapai tujuan.

manajemen pendidikan

manajemen pendidikan adalah sebuah usaha  proses untuk mencapai tujuan sebuah pendidikan yang telah ditetapkan.

    manajemen waktu

manajemen waktu adalah peroses bagaimana mengatur waktu atau menyeimbangkan waktu dalam bekerja, belajar ataupun bersantai.

    manajemen konflik

manajemen konflik adalah suatu pendekatan yang berorientasi pada proses yang mengarahkan pada bentuk komunikasi  dari pelaku maupun pihak luar dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan (interests) dan interpretasi.

    manajemen proyek

manajemen proyek adalag sebuah kegiatan dalam dengan metode ilmiah dan inisiatif dalam menghadapi proyek.

    manajemen produksi

manajemen produksi adalah adalah sebuah kegiatan dalam mengoordinas berbagai  kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu.

    manajemen organisasi

manajemen organisasi adalah proses pengorganisasian, perencanaan, memimpin dan mengendalikan sumber daya dalam suatu entitas dengan tujuan keseluruhan mencapai tujuan.

#Manajemen     #Edukasi

Postingan Terbaru Bungkill.com

Lihat semua

Follow by Email