10+ Tips Memilih Universitas Untuk Melanjutkan Pendidikan

10+ Tips Memilih Universitas Untuk Melanjutkan Pendidikan

Tips Memilih Universitas - Dalam memasuki masa kelas 3 SMA maupun SMK, bukan malah fokus untuk menghadapi ujian akhir, namun yang harus di perhatikan adalah  bagaimana persiapan yang harus diperhatikan dalam memilih kelanjutan setelah tamat dari SMA, hal tersebut patut di perhatikan karena pendidikan tersebut menjadi bekal dalam mencari pekerjaan untuk melanjutkan kehidupan selanjut-Nya.

Mungkin kamu merupakan salahsatu dari mahasiswa kelas 3 SMA dan SMK yang herus mempersiapkan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang perguruan tinggi. Nah mungkin kamu bingung untuk memilih universitas yang mana yang akan kamu tujuh selanjut-Nya, berikut tips dan trik memilih universitas untuk melanjutan pendidikan.

1. Mencari Informasi Universitas
Setelah kamu memasuk kelas 3 SMA mungkin kamu akan memikirkan unversitas apa yang akan kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus dari bangku SMA, yang pertama harus kamu lakukan adalah mencari informasi mengenai universitas yang akan kamu tujuh kamu bisa mencari di internet melalui searching di google.

2. Tujuan Masa Pendidikan

Jika kamu ingin menjadi seorang professional kamu harus memilih jurusan yang lebih mengedepankan praktek di bandingkan teori karena praktik akan membantu kamu untuk menguasai suatu bidang dan mampu melakukanya, kampus yang cocok untuk kamu masuki adalah politeknik karena kampus tersebut lebih mengedepankan praktek di bandingkan teori.

3. Memilih beberapa universitas pilihan

Setelah kamu menentukan cita – cita yang kamu akan kejar, langkah selanjutnya adalah memilih beberpa unversitas pilihan yang akan kamu bidik untuk melanjutkan pendidikan, kamu harus mengetahi gambaran mengenai universitas yang akan kamu pilih, mulai dari agreditas, jurusan yang ada dalam universitas tersebut, kualitas universitas hingga linkungan universitas tersebut.

4. Memperhatikan agreditas universitas

Tips memilih universitas yang paling penting untuk di perhatikan adalah reputasi dan agreditas sebuah universitas, Karena agreditas akan menjadi faktor di terimanya kamu dalam duniak kerja, semakin bagus reputasi sebuah universitas akan membantuk kamu nantinya dalam memasuki dunia kerja.

5. Memperhatikan Lokasi

Memilih lokasi juga harus di pertimbangkan karena lokasi juga akan mempengaruhi bianya hidup dan kenyamanan kamu ketika memasuki universitas, semakin jauh lokasi sebuah universitas dari tempat tinggal kamu akan memakan biaya yang besar, kamu harus jeli dalam memilih lokasi universitas.

6. Memperhatikan fasilitas universitas

Fasilitas juga menjadi pertimbangan dalam memilih sebuah universitas, kerna universitas yang memiliki fasilatas yang bagus akan memberikan kenyamanan buat kamu, ada banyak universitas yang memiliki fasilitas yang bagus di Indonesia silahkan kamu mencari informasi mengenai universitas yang memiliki fasilitas yang go internasional.

7. Bianya Kuliah

Pada saat ini banyak anak di luar sana yang ingin merasakan bangku perkulihan namun karena kurangnya kemampuan dalam ekonomi mereka tidak dapat melanjutkan pendidikan, nah jika kamu bersungguh - sungguh ingin kuliah kamu bisa mencari beasiswa untuk melajutkan pendidikan setelah lulus dari SMA, salah satu beasiswa yang bagus adalah beasiswa bidikmisi nah silahkan kamu mencari informasi mengenai beasiswa bidikmisi di internet.

8. Konsultasi dengan orang tua

Sebelum kamu memilih universitas yang akan kamu tujuh, kamu harus mempertimbangkan universitas tersebut nah kamu bisa berkomunikasi kepada ke dua orang tua kamu bisa meminta pendapat kepada orang tua kamu.

9. Mempertimbangkan kuota yang akan diterima

Daya tampung sebuah universitas yang ternama akan terbatas, nah dalam memilih universitas kamu juga harus memperhatikan daya tampung mahasiswa yang akan di terima sebuah universitas, semakin sedikit mahasiswa yang akan diterima sebuah universitas akan semakin sulit untuk diterima dalam universitas tersebut.

10. Berpikir ralistis

Jika kamu ingin memasuki universitas yang terbilang terkenal, kamu harus mempertimbangkan secara matang untuk mamasuki universitas tersebut karena jangan sampai kemampuan diri kamu tidak dapat bersaing dalam universitas tersebut baik dari segi ekonomi maupun prestasi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter