Kumpulan Pengertian: Pengertian Manajemen Secara Umum dan Menurut Para Ahli


Kumpulan Pengertian: Pengertian Manajemen Secara Umum dan Menurut Para Ahli
Pengertian Manajemen  - Apa Pengertian Manajemen Secara Bahasa? Dan Apa Pengertian Manajemen Menurtu Para Ahli serta Apa Pengertian Manajemen Secra Umum? Nah ke tiga pertanyaan di atas mungkin pertanyaan yang muncul di kalangan mahasiswa seperti saya yang mengambil jurusan manajemen di fakultas ekonomi.

Disni saya akan mencoba menjawab ketiga pertanyaan di atas dengan tiga pembagian pokok pemhasan yaitu Pengertian manajemen secara bahasa, pengertian manajemen secra umum dan pengertian manajemen menurut para ahli, semoga tulisan kali ini dapat memberikan kepada saya dan teman – teman sekalian dalam menjawab permasalahan dalam perkuliahan.

Pengertian Manajemen Secara Umum

Pengertian mananajemen secara umum ada banyak sudut pandangan dan persepsi, akan tetapi secara umumnya  semua pengertian manajemen akan mengacu pada suatu hal penting yaitu ilmu dan seni  

Pengertian manajemen secara spesifik adalah ilmu dan seni dalam mengatur dan mengolola sumber daya yang ada baik itu sumber daya manusia dan sumber daya alalm agar lebih efesien. Apa yang di atur? Yang di atur adalah 6 M (Man, Money, Machnie, Material, Method dan Market).

Pengertian Manajemen secara umumnya adalah kegitan mengatur dan mengolola sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan suatu organisasi melalui kerja sama dengan sumber daya yang ada. Apa tujuan organisasi? Tujuanya yaitu terbagi menjadi non profit dan profit, tujuan profit adalah mendapatkan keuntungan sebesar besarnya, sedangkan tujuan organisasi non profit berbeda – beda tergantung jenis organisasinya.

Manajemen dalam artian seni maksudnya adalah menyelesaikanpekerjaan dengan work team atau kerja sama tim. Kemampuan untuk melihat integritas dan totalitas dalam bagian yang terpisah pada suatu wadah visi adalah seni dari manajemen.

Seni dalam manajemen mencakup dalam berbagai aspek di antaranya perencanaan, kepemimpinan, komunikasi dan pengambilan keputusan yang berhubungan dengan manusia  tentng bagaimana pendekatan manajemen seni.

Pada tahap penerapan manajemen terbagi menjadi dua yaitu subjek dan objek, dimana subjenya yaitu manusianya atau seorang manajer, sedangkan objek yaitu apa yang di kelola oleh subjeknya tadi, yang di kelola itu 6 M tadi. 


Pengertian Manajemen Secara Bahasa

(1) Bahasa Latin,yakni “managiere” yang artinya melakukan, melaksanakan, mengurus sesuatu (Tanthowi, 19830).

(2) Manajemen dalam Bahasa Italia, “maneggiare”artinya melatih kuda atau secara harfiah berarti mengendalikan = to handle (Silalahi, 1989).

(3) Manajemen dalam Bahasa Prancis, yaitu “manege” atau “manage” artinya tindakan membimbing, memimpin, mengemudikan, mengurus, memerintah dan kata manage juga berarti “tempat latihan kuda”, “penjinakan kuda” (Tanthowi, 1983, Atmosudirdjo, 1986).

(4) Manajemen dalam Bahasa Inggris dikenal dengan “management” yang bentuk infinitifnya adalah “to manage” yang berarti menangani, mengendalikan, menguasai, mengurus, menyelesaikan sesuatu (Atmosudirdjo, 1986).

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Mary Parker Follet

Manajemen adalah seni dalam menyelesaikan suatu pekerjaan melalui orang lain. Atau kata lain, seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan sebuah organisasi.

George R. Terry

Manajemen adalah sebuah proses yang khas yang terdiri dari beberapa tindakan; perencanaan, pengorganinasian, menggerakkan, dan pengawasan.

Semua hal tersebut dilakukan untuk menentukan dan mencapai target atau sasaran yang ingin dicapai dengan memanfaatkan semua sumber daya, termasuk sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

Henry Fayol,

Manajemen merupakan sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengawasan/ kontrol terhadap sumber daya yang ada agar mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Ricky W. Griffin

Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, proses organisasi, proses kordinasi, dan proses kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

Efektif yang dimaksud adalah, tujuan dapat tercapai sesuai rencana, sedangkan efisien artinya tugas dijalankan dengan benar, teroganisir, dan selesai sesuai jadwal.

Lawrence A. Appley

manajemen adalah sebuah keahlian yang dimiliki seseorang atau organisasi untuk menggerakkan orang lain agar mau melakukan sesuatu.

Oey Liang Lee

manajemen adalah ilmu atau seni dalam perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengendalian terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Hilman

manajemen merupakan sebuah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui perantara kegiatan orang lain serta mengawasi usaha-usaha setiap individu guna mencapai tujuan yang sama.

Dr. Ahuja

Manajemen adalah pihak-pihak yang memberikan atau menyediakan jasa untuk bidang yang berhubungan dengan manajemen.

Renville Siagian

Manajemen adalah  satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.

Dr. Bennett N.B Silalahi

Manajemen adalah ilmu tentang perilaku yang terdiri dari aspek sosial eksak bukan dari tanggungjawab keselamatan serta kesehatan kerja baik dari sisi perencanaannya.

James A.F.Stoner

manajemen adalah suatu proses perencaan, pengorganisasian, leadership, serta pengendalian upaya dari anggota organisasi tersebut serta penggunaan Sumber daya yang tersedia di organisasi tersebut guna mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan organisasi sebelumnya.

Itulah jawaban dari pertanyaan, Apa Pengertian Manajemen Secara Bahasa? Dan Apa Pengertian Manajemen Menurtu Para Ahli serta Apa Pengertian Manajemen Secra Umum?semoga dapat memberikan manfaat bagi teman – teman dalam menyelesaikan permasalahan kuliah, sekian dan terimaksih. SALAMJENIUS

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel