6+ Kemampuan Dasar Yang Harus Dimiliki Oleh Blogger Pemula

6+ Kemampuan Dasar Yang Harus Dimiliki Oleh Blogger Pemula

Di  zaman yang sudah modern ini dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat menjadikan bisnis online makin banyak di minati oleh masyarakat belahan dunia, termasuk Indonesia, dengan keberadaan teknologi Yang canggih banyak memberikan dukungan kepada netizen untuk terjun dalam dunia bisnis online, mulai dari memasarkan barang, jasa atau menjadi seorang penulis lepas di internet.

Salah satu profesi yang berhubungan dengan tulis menulis di internet adalah menjadi seorang blogger, menjadi seorang blogger tidak semudah yang di pikirkan, bukan hanya menulis saja dan mempostingnya kedalam blog, namun ada beberapa hal yang harus di kuasai untuk menjadi seorang blogger agar benar –benar bias sukses dalam dunia blogger.

Didukung dengan koneksi internet  dan media sharing yang berkembang pada saat ini menjadikan blogger sebagai profesi yang banyak diminati netizen saat ini, bah untuk menjadi seorang blogger yang sukses kita harus betul – betul memahami ilmunya, berikut ini ilmu yang harus di miliki oleh seorang blogger, agar bias bersaing dengan blogger yang sudah berpengalaman. Baca juga: Aplikasi Android Terbaik Untuk Membantu Para Blogger Dalam Menjadi Blogger Profesional

6 Kemampuan Dasar Yang Harus Di Kuasai Blogger Pemula

1. Menguasai Ilmu SEO

Kepanjangan dari SEO adalah search engine optimase. Yang paling pertama harus di miliki seorang blogger pemulah adalah Ilmu SEO, karena ilmu SEO  ini sangat berpengaruh pada banyak pengunjung blog, teknik SEO ini membantu artikel blog kita masuk di halaman pertama goggle, nah ada 2  jenis - jenis seo yaitu seo onepage dan offpage.

Jenis SEO onepage maupun offpage sangat berkaitan satu sama lain-Nya dan saling melengkapi, nah untuk menjadi seoarang blogger yang benar – benar hebat harus memiliki ilmu yang satu ini agar dapat membantu artikel blog miliknya menduduki peringkat satu, untuk belajar ilmu SEO ini bias belajar secara otodidak dari goggle maupun menggunakan jasa Orang lain yang sudah ahli dalam ilmu SEO.

2. Memiliki Ilmu Menulis Atau Jurnalistik

Berikut-Nya ilmu yang di tekankan untuk di kuasai dari seorang blogger adalah ilmu jurnalistik, ilmu jurnalistik ini digunakan dalam menulis artikel untuk diposting kedalam blog, ilmu jurnalistik atau tulis menulis mulai dari penyusunan kosa kata, kaya akan kosa kata dan lain sebagainya, ilmu tulis menulis ini juga membantu mencipatakan content yang berkualitas dan bermanfaat.

Coba kamu pikirkan jika membaca artikel amburadul mulai dari kata – kata-Nya hingga penyusunan kata yang tidak benar pasti kamu pasti tidak ingin membaca artikel yang seperti itu, nah disinilah ilmu jurnalistik di pergunakan, untuk membarikan tulisan yang benar – benar human frandly atau nyaman di baca dan mudah dipahami.

3. Ilmu Coding Atau Programan

ilmu coding juga harus di miliki seseorang yang ingin benar – benar menjadi seorang blogger yang sukses,  kenapa harus mengetahui ilmu coding? Apa hubungan ilmu coding dengan dunia blogging, tentu ilmu codding ini sangat di butuhkan jika ingin benar – benar menajdi seorang blogger, karena ilmu coding ini membantu kita untuk membuat template dan mengatur template yang benar – benar enak di pandang, agar pengunjung betah di blog kita.

Ilmu coding juga dapat memberikan kita penghasilan sampingan, bagaimana bisa? Dengan memiliki ilmu coding kita bisa membuat template yang bagus dan disukai oleh blogger lain-Nya, dengan begitu kita bisa menjualnya kepada blogger lain karena ada blogger yang tidak begitu menguasai ilmu codding ini. Disitu kita bisa mengambil peluang untuk meraut keuntungan.

4. Ilmu Desain

Berikut-Nya, ilmu atau kemampuan dasar yang harus dimilki oleh seseorang yang ingin benar – benar menjadi seoarang blogger professional adalah ilmu dalam mendesain baik itu menggunakan photoshop atau corel draw. Artikel yang berkualitas tentunya memiliki gambar yang menunjang artikel yang kita miliki, nah dengan menguasai ilmu desain kita dapat mencipatakan atau membuat gambar yang menarik untuk di masukkan kedalam blog.

Sperti halnya dengan ilmu coding tadi, ilmu desain juga dapat memberikan kita keuntungan tamabhan dengan menyediakan layanana jasa desain untuk gambar blog, gambar header dan gambar lai-Nya, dengan menguasai ilmu desain ini kamu akan menjadi seorang blogger yang benar – benar hebat karena tidak lagi mengambil gamabr dari google seperti yang dilakukan blogger saat ini.

5. Ilmu Dalam Berkomunikasi

Selanjutnya dalam ilmu dasar yang harus dimiliki seorang blogger adalah ilmu dalam berkomuikasi dengan orang lain, karena seorang blogger dituntut untuk menjalin hubungan yang baik dengan sesama blogger lain-Nya, nah dalam menjalin hubungan yang baik dengan sesame blogger kamu harus meiliki ilmu yang namanya ilmu komunikasi.

Dalam berkomunikasi, bukan hanya bertatap muka tapi melainkan berkomunikasi melalui komputer via chat baik di komentar, grub mauoun personal chat, ilmu dalam berkomunikasi juga membantu dalam mengajukan pertanyaan kepada sesame blogger.

6. Ilmu Manajemen

Dan Yang terkahir, ilmu dasar yang perlu di miliki seorang blogger adalah ilmu manajemen, pengertian manajemen adalah mengatur, kenapa manajemen masuk sebagai ilmu dasar yang harus dimiliki oleh seorang blogger, karena seorang blogger pastinya memiliki kesibukan, nah dengan ilmu manajemen ini kita bisa mengatur waktu agar lebih efektif.

Ilmu manajemen bukan hanya untuk mengatur waktu, namu ilmu manajemen juga membantu kita mengatur pengeluaran dan menhitung apa – apa aja yang di perlukan dalam blogging, nah dengan ilmu majemen kamu bisa menghitung pengeluaran dan pemasukan dari blogger biar lebih efektif.

Kesimpulan

Jika kamu sudah menguasai kelima ilmu dasar untuk menadi seorang blogger diatas kamu tinggal mempraktekan semua ilmu-Nya dan berbagi kepada sesame, ilmu yang kamu kuasai tidak akan berguna jika tidak benar – benar di praktekan dan tidak bermanfaat untuk orang – orang sekitar, nah sekian dari artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua, salam blogger.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter