10 Fakta Menarik Tentang Emas Yang Wajib Kamu Ketahui


Di sini saya akan membahas tentang fakta emas, sebelum itu ada yang belum tahu emas? Pasti kau semua sudah tau emas, emas adalah logam yang sangat berharga dan sangat di cari bahkan ada yang mempertaruhkan nyawanya demi  mendapatkan emas, perlu kamu tahu ternyata ada beberpa fata tentang emas yang sangat menarik yang membuat kamu terkesan.


10 Fakat tentang Emas

 1. Banyak Emas Yang Di Tambang

Pada akhir tahun 2008 ada 163.000 ton yang pernah di tambang dari perut bumi, ini adalah angkah yang sangat fantastis bukan Cuma itu bahkan pada setiap tahun semakin bertambah sebesar 1,5%. Dari total emas tersebut 90% di miliki secara perorangan, dan selebihnya di miliki oleh bank sentral di setap negara.

 2. Cina Adalah Negara Yang Paling Banyak Memproduksi Emas

Tidak semua emas yang di keluarkan dari perut bumi di olah murni dan di perjual belikan. Pada tahun 2008 negara China telah menghasilkan 292 ton emas, pada posisi ke dua ada Negara maju Amerika Serikat dengan 233,3 ton emas milikinya, dan disusul oleh Australia dengan 215,2 ton emas miliknya.

 3. Barrick Gold Corporation Menjadi Perusahaan Yang Terbesar Memproduksi Emas

Barrick Gold Corporation adalah perusahaan yang berdiri di kota toronto, Barrick Gold Corporation telah menghasilkan emas 283 ton emas pertahun tidak termasuk perak, tembaga dan nikel. Barrick Gold Corporation memiliki unit tambang  di Amerika, Australia hingga afrika.

 4. Jumlah Emas Di Seluruh Dunia

Ada berpa banyak emas yang ada di dunia pertanyaan ini sangat sulit untuk tebak, menurut Worl Gold Council ada sekitar 180 ribu ton emas yang ada di bawah gudang bawah tanah. Jumlah tersebut tergolong banyak dengan membandingkan cadangan emas milik negara Amerika Serikat.

 5. Biaya Penambang Emas

Biaya untuk menambang dan biaya untuk produksi emas biasanya dihitung dan ditampilkan per troy 
ounce, yaitu US$469 hingga hingga penambangan selesai dan US$601 sampai selesai pada seluruh 
proses produksi-Nya atau sekitar Rp146.256 hingga dengan Rp187.420 per gram-nya.

 6. Tambang Emas Yang Paling Dalam.

Tempat pertambang emas yang palingdalam letaknya berada di Anglogold Ashanti’s Mponeng tepatnya di luar kota Johannesburg, Afrika Selatan. Hingga Kedalamannya mencapai angka 3,778 meter. Untuk sampai pada tambang ini membutuhkan perjalanan waktu lebih dari satu jam dengan  tiga pos pemberhentian.

 7. Emas Yang Banyak Di Gunakan

Emas yang paling banyak di gunakan adalah Perhiasan, setelah itu diikuti oleh emas untuk berinvestasi dalam bentuk koin dan batangan, dan kemudian di gunakan untuk teknologi. Walaupun demikian, permintaan untuk emas perhiasan turun hingga 15% dari tahun 2010 hingga 2011, namun sebaliknya permintaan emas untuk investasi naik hingga 19% pada periode tersebut.

 8. Negara Yang Paling Banyak Menggunakan Emas.

Negara yang paling banyak menggunakan emas adalah timur yaitu India dan Cina. Negara  India tertinggi dengan 933,4 ton di bagi menjadi 567,4 ton untuk perhiasan dan 366 ton emas batangan dan 
koin. Kemudian negara Cina dengan total 811,2 ton. Selanjutnya negara Hong Kong, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, dan Thailand bahkan Indonesia.

 9. Banyak Emas Yang Disimpan Bank Sentral

Ada Sekitar 30 rb ton emas yang disimpan bank sentral dan Sekitar 133.000 ton dipegang oleh investor perorangan. Bank sentral menyimpan emas untuk ketahanan moneter negaranya, sama juga fungsinya cadangan devisa berupa mata uang negara lain seperti Euro, US$, Poundsterling hingga Yen. Tapi Uniknya, negara bagian barat yang merupakan kapitalis dan sponsor utama uang kertas, malah menyimpan lebih banyak logam mulia ini dari pada mata uang kertas.

 10. Tempat Menyimpan Emas Bank Sentral

Sebagian besar emas bank sentral di simpan di gudang emas milik bank sentral negara masing-masing. Atau ada juga di simpan di Federal Reserve Bank di New York atau Euro Central Bank. Tetapi bank sentral yang memperjual belikan emasnya dalam pasar yang tertutup harus menyimpanya terlebih dahulu di Bank of England.

Nah ituah 10 fakta menarik tentang emas, bagaimana menurtu kamu? Silahkan berkomenta, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan untuk kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel