Pengertian PEMIMPIN dan 5 Fungsi PEMIMPIN Yang Lengkap

Pengertian Pemimpin dan 5 Fungsi Pemimpin Yang Lengkap
Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai materi yang berkaitan denganmanajemen sumber daya manusia (MSDM) yaitu Pemimpin, disini saya akan membahas pengertian pemimpin dan fungsi pemimpin.

Pada materi ini saya mengambil beberapa judul pembahsan termasuk yang telah saya sebutkan pada faragraf pertama di atas pengertian pemimpin dan fungsi pemimpin dan saya juga menambahkan karakter pemimpin.

Untuk Mendapat kan berbgai pengertian dari istila-istila mulai dari ekonomo, bisnis, teknologi hingga umum anda dapat berkunjung di penaindo.com

Pengertian pemimpin

Dalam bahasa indonesia pemimpin sering disebut penghulu, pemuka, pelopor, pembina, panutan, pembimbing, pengurus, penggerak, ketua, kepala, panutan, raja, tetua dan sebagainya.

Apakah yang dimaksud sebagai pemimpin? Ada banyak sekali pengertian pemimpin yang telah dikemukakan oleh para ahli dan mereka sepakati bahwa pemimpin adalah sesuatu yang berkaitan dengan kemampuan mempengaruhi orang lain untuk  mencapai tujuan organisasi.

Pengertian pemimpin menurut para ahli

Menurut northouse pemimpin adalah  suatu proses dimana individu mempengarhi kelompok untuk mencapai tujuan umum.

Pengetian ini dipertajam oleh Dubrin bahwa kepemimpinan itu adalah kemampuan untk menanmkan keyakinan dan memperoleh dukungan  dari anggota organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

Menurut Gary Yulk kepemimpinan merupakan proses pemimpin mempengaruhi  pengikut untuk menginterpretasikan keadaan/lingkungan organisasi, pemilihan tujuan organisasi, pengorganisasian kerja dan motivasi pengikut untuk mencpai tujuan organisasi, mengorganisir dukungan dan kerja sama orang dari luar organisasi.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Mengenai Analisi Pasar dan Pemasaran

5 fungsi pemimpin

Setiap sesuatu yang di cipatan di dunia ini memiliki fungsi walapaun banyak manusia yang tidak menyadarinya bahkan kebanyakan manusia mengabaikannya  dan menyepelekanya walaupun itu bermanfaat baginya. Sama halnya pemimpin, pemimpin juga memiliki fungsi, berikut saya akan mengulas 5 fungsi pemimpin.

1. Fungsi Penentu Arah

Setiap organisasi yang di buat baik itu skala besar menegah maupun kecil pasti memiliki tujuan tertentu. Tujuan itu dapat bersifat jangka pendek jangka menegah ataupun jangka penjang yang ingin dicapai bersama dengan arahan seorang pemimpin. Keterbatasan sumber daya organisasi mengharuskan pemimpin untuk mengololanya dengan efektif. Dengan kata lain tujuan yang hendak di capai harus mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada.

2. Fungsi Sebagai Juru Bicara

Fungsi ini mengahruskan seorang pemimpin organisasi berperan dalam berhubungan dengan orang dari luar organisasi yang memiliki kepentingan misalnya orang yang memiliki saham, pamsok, penyalur dan lain sebagainya. Fungsi ini sangat penting, mengapa? Karena tidak ada satu pun organisasi yang tidak mampu berdiri sendri tanpa campur tangan dari luar. baca juga: Pengertian Dan Metodologi Filsafat Yang Dijelaskan Secara Lengkap

Konsekuensi logis dari fungsi ini adalah bahwa seorang pemimpin harus mengetahui bukan saja bagaimana merumuskan bijaksana dan strategi akan tetapi lebih dari itu pemimpin di tuntut memiliki ilmu pengetahuan yang luas.

3. Fungsi Sebagai Komunikator

Komunikasi merupakan mengalihkan satu pesan dari pihak satu kepada pihak lain. Pesan yang terbilang berhasil apa bila pesan yang disampaikan dari pihak satu dapat sampai kepada penerima pesan dan dapat diartikan atau di fahami dengan baik oleh penerima pesan. Fungsi sebagai komunikator disini lebih di tekan kan pada kemampuan seorang pemimpin untuk mengkomunikasikan strategi, sasaran – sasaran dan tindakan yang akan dilakukan oleh bawahan.

4. Fungsi Sebagai Mediator

Fungsi sebagai mediator berperan dalam menyelesaikan permasalahn- permasalahan mislakan konflik atau perbedaan dalam  kepentingan organisasi, kehadiran seorang pemimpin diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada dalam organisasi. Fungsi ini juga mengaharuskan seorang pemimpin mampu mencari solusi untuk permasalahan yang ada.

5. Fungsi Sebagai integrator

Adanya pembagian tugas, sistim alokasi daya dana dan tenaga serta diperlukan spesialis pengetahuan dan keterampilan dapat menimbulkan sikap, perilaku tindakan  berkotak – kotak oleh karena itu sebaikanya tidak di biarkan terus menerus. Integrstor itu adalah seorang pimpinan. Setiap pimpinan, terlepas dari hierarki jabatannya dalam organisasi. Semakin tinggi kedudukan seseorang dalam hierarki kepemimpinan dalam organisasi semakin pentng pula peranan tersebut.

Karakter pemimpin

Perlu kamu ketahui sebuah karakter seorang pemimpin itu sangat penting, disini saya akan mengulas beberapa karakter seorang pemimpin. Dalam era reformasi karakter seorang menjadi penilaian utama. Dalam asumsi seorang pemimpin yang memiliki karakter yang mulia kan dijunjuang tinggi oleb bawahanya. Beriku ini beberapa karakter pemimpin yang perlu kamu ketahui agar kelak kamu menjadi seorang pemimpin yang berkarakter mulia.

Mampu melihat diri sendiri secara realistis

Seorang pemimpin yang berkarakter mampu melihat dirinya baik itu kekurangan ataupu kelebihanya baik dari segi fisik, pengetahuan, maupun keterampilan. Seorang pemimpin harus mengetahui  jika menjadi seorang pemimpin harus memiliki akhlak yang mulia bermura hati agar menjadi pemimpin yang juju, berani, tegas dan berintegrasi.

Mampu menilai situasi dan kondisi secara realistis

Seorang pemimpin yang berkarakter dia mampu menghadapi situasi untuk kondisi kehidupan yang dialaminya secara realistis. Dia mau menerima secara wajar  maupun yang terjadi didalam kehidupanya, tidak mengharapkan kondisi kehidupan itu sebagai  sesuatu yang sempurna. Artinya dia tidak gila hormat gila uang ataupun kedudukan.

Mampu menilai prestasi yang diperoleh secara realistis

Pemimpin yang berkarakter dia mampu menilai keberhasilan yang diperoleh dan meraksinya secra rasional. Dia tidak seombong apabila memperoleh prestasi yang tinggi atau kesuksesan hidup.

Menerima tanggung jawab yang ikhlas

Dia mempunyai keyakinan terhadap kemampuanya untuk mengatasi masalah masalah kehidupan dan pekerjaan yang dihadapinya. Dia pro aktif dalam menerima tanggung jawab yang diberikan atasan  dengan tulus dan ikhlas

Memiliki kemandirian

Dia memiliki sikap mandiri dalam cara berfikir dan bertindak dia mampu mengambil keputusan mengarahkan dan mengemabangkan diri serta menyesuaikan diri dengan norma yang berrlaku dilingkunganya.

Dapat mengontrol emosi pribadi

Dia mampu mengendalikan emosi dan hal hal ini terbukti ketik dia menghadapi situasi yang membut prustasi depresi atau stress namun dia melakukan tindakan positif atau konstruktif

Berorientasi tujuan

Pemimpin yang berkarakter mampu merumuskan tujuan dalam setiap aktivitas dan kehidupan berdasarkan pertimbangan secara matang (rasional) tidak atas dasar paksaan dari luar. Dia berupaya mencapai tujuan dengan cara mengembangkan kepribadian pengetahuan dan keterampilan.

Mungkin itu sedikit ulasan mengenai pengertian pemimpin, 5 fungsi pemimpin, pengertian pemimpin menurut para ahli dan karkter pemimpin sekian dari artikel ini kurang dan lebih nya mohon di maafkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel