Pengertian Organisasi Secara Bahasa Dan Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Organisasi Secara Bahasa Dan Menurut Para Ahli Terlengkap
Pengertian Organisasi Sudah Sering ditanyakan dalam proses perkuliahan manajemen atau dalam forum lembaga formal maupun informal.

Pengertian Organisasi ini juga sering di lontarkan kepada para mahasiswa atau para calon pekerja yang ingin terjuan dalam dunia kerja, guna untuk menguji sejauh mana pengetahuan mereka Tentang Pengertian Organisasi ini.

Pengertian organisasi sangatlah beragam baik secara umum maupun yang dikemukakan oleh para ahli. Bahkan jika setiap orang yang mengetahui apa itu organisasi, ketika mereka di Tanya tentang pengertian organisasi secara umum mereka akan memiliki jawaban masing – masing sesuai dengan pengetahuan masing – masing, mungkin saja ketika anda di Tanya apa itu organisasi tentunya anda memiliki jawabanya anda sendiri.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Mengenai Analisi Pasar dan Pemasaran

Setiap orang yang memiliki jawabanya sendiri tentang pengertian organisasi atau definisi organisasi sebagian besar jawaban mereka mungkin benar, kenapa? Karena jawaban yang mereka keluarkan itu memiliki dasar yang kuat dari apa yang mereka ketahui.

Dalam artikel kali ini saya akan menuliskan ulasan mengenai pengertian organisasi secara bahasa, secara umum maupun pengertian organisasi yang di kemukakan oleh beberapa parah ahli. Sumber refrensi dari artikel ini saya ambil dari buku yang berjudul FILSAFAT MANAJEMEN oleh Dr. Beni Ahmad Saebani, M,Si.


Pengertian Organisasi Secara Bahasa

Organisasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Organon” dalam bahasa latin “Organum” yang memiliki arti Alat, anggota, badan atau wadah. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Adalah suatu kesatuan yang didalamnya terdapat bagian – bagian (orang-orang) yang memiliki tujuan yang ingin dicapai.
Back to Content


Pengertian Organisasi Secara Umum

Organisasi Adalah sebuah wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan – kegiatan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Organisasi adalah sebuah kelompok yang didalamnya terdapat dua atau lebih individu, yang salah satunya berperan sebagai pemimpin yang mengarahkan atau mengolola organisasi tersebut untuk mencapai tujuan yang di inginkan. (menurut penulis) Pengorganisasian adalah suatu kegiatan untuk mengolompokan atau pembagian – pembagian kerja serta pengarahan kepada anggota untuk mencapai tujuan tertentu.
Back to Content


Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

James D. Mooney Berpendapat Bahwa “Organization is the from of every human association for the attainment of common purpose” Artinya Organisasi adalah setiap bentuk kerja sama mencapai tujuan bersama.

Chester I. Bernard mengemukakan bahwa organisasi adalah system kerja sama antara dua orang atau lebih.

Dimock berpendapat bahwa organisasi adalah perpaduan sistematis dari bagian – bagian yang saling bergantung untuk membentuk kesatuan yang bulat melalui wewenang, koordniasi, dan pengawasan dalam usaha yang telah mencapai tujuan yang telah di tentukan.

Menurut Robbins organisasi adalah sistem yang terdiri atas pola aktivitas kerja sama yang dilakukan dengan teratur dan berulang oleh sekolompok orang untuk mencapai tujuan.

Sondang P. Siagian berpendapat bahwa organisasi merupakan bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama secara formal dalam pencapaian tujuan.

Prajudi Atmosudirjo menegaskan bahwa organisasi adalah struktur tata pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekolompok orang pemegang posisi yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan.

Drs. H. Malayu S.P Hasibuan berpendapat bahwa organisasi adalah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur, terkoordinasi dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu, organisasi merupakan hanya alat atau wadah saja.

Koontz dan O’Donnel berpendapat jika organisasi merupakan pembinaan hubungan wewenang dan dimaksudkan untuk mencapai koordinasi yang structural baik secara vertical maupun horizontal di antara posisi – posisi yang telah diberikan tugas khusus yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Jadi, organisasi adalah structural yang mengikat dan menyauhkan perusahaan dan kerangka dasar tempat individu – individu berusaha, dikoordinasi.

Menurut March dan Simon organisasi adala sistem yang kompleks yang terdiri dari unsur pisikologis, sosiologis, teknologis, dan ekonomis yang dalam dirinya sendiri membutuhkan penyelidikan yang intensif.

Philip Senzinck, organisasi adalah suatu sistem yang dinamis yang selalu berubah dan menyesuaikan diri dengan tekanan internal, eksternal, dan selalu dalam proses evolusi yang berlanjut.
Back to Content


Kesimpulan Dari Pengertian Organisasi Di Atas


  • Adanya tujuan tertentu yang ingin di capai.
  • Adanya sistem kerja sama yang struktur dari sekelompok orang.
  • Adanya pembagian kerja dan hubungan kerja antara sesame karyawan.
  • Adanya penetapan dan pengolompokan pekerjaan yang terintegrasi.
  • Adanya ketertarikan formal dan tata tertib yang harus di taati.
  • Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas. 
  • Adanya unsur-unsur dan alat-alat organisasi. Adanya penempatan orang-orang dan alat-alat organisasi.

Back to Content



Nah, Mungkin itu saja sedikit ulasan tentang Pengertian Organisasi Secara Bahasa serta pengertian organisasi Menurut Para Ahli, jika anda ingin mengetahui lebih jauh lagi mungkin anda bias mencari refrensi lain misalnya banyak membaca buku – buku mengenai organisasi. jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share ke akun sosmed anda karena jika anda membagikan ilmu bermanfaat kepada orang lain itu akan menjadi amal jariyah anda. ok sekian dari saya. Salam Jenius.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter