Tips Menghemat Uang Untuk Mahasiswa




Sangat mudah terjebak dalam serbuan hal-hal ketika Anda kuliah. Di tengah-tengah proses belajar, pekerjaan paruh waktu, bersosialisasi dan kegiatan ekstrakurikuler yang Anda miliki, Anda kemungkinan besar akan melupakan salah satu hal yang paling penting, yaitu meluruskan keuangan Anda.
Berikut beberapa kiat tentang cara menghemat uang sebagai siswa:

1. Perencanaan kedepan.

Jika memungkinkan, lakukan ini bahkan sebelum Anda pindah ke kamar asrama Anda.

Periksa apakah Anda memenuhi syarat untuk beasiswa dan hibah lainnya sebelum mendaftar untuk segala bentuk pinjaman mahasiswa.

Bangun arus kas. Pertama, darimana Anda mendapatkan uang? Buat daftar “penghasilan” Anda, baik itu dari orang tua Anda, pinjaman mahasiswa Anda, atau pekerjaan paruh waktu Anda.

Lalu, ramalkan pengeluaran bulanan atau mingguan yang Anda harapkan untuk makanan, buku, dll. Setelah Anda menyisihkan anggaran.

Anda tidak akan pernah tahu biaya tak terduga seperti apa yang akan Anda hadapi sehingga lebih baik mengalami kejatuhan dalam keadaan darurat keuangan.

2. Hemat makanan.

Salah satu pengeluaran utama yang Anda miliki sebagai siswa yang mungkin Anda abaikan ketika Anda masih tinggal bersama orang tua Anda adalah uang makan Anda. Hindari makan di gerai makanan cepat saji, karena ini kemungkinan besar akan merusak anggaran Anda.

3. Dapatkan keuntungan penuh dari diskon siswa.

ID itu di dompet Anda bukan hanya untuk pertunjukan. ID Pelajar dan keanggotaan dalam organisasi dihormati di beberapa perusahaan yang menawarkan diskon.

Juga, menggurui pendirian tertentu secara teratur dan Anda terikat untuk mendapatkan kartu bonus karena menjadi pelanggan setia.

4. Menabung

Karena Anda sudah memiliki daftar barang di mana Anda akan membelanjakan uang Anda, lebih mudah untuk memantau arus kas Anda. Hindari menggunakan kartu debit Anda ketika Anda memiliki uang tunai dengan Anda. Gunakan kartu kredit Anda atau tuliskan cek hanya dalam keadaan darurat. Memiliki kartu debit, kartu kredit, dan cek yang berguna dapat membuat Anda mengeluarkan uang berlebih.

5. Buat diri Anda sibuk.

Bergabunglah dengan klub sesuai dengan bidang minat Anda.

Tetap sibuk akan membiarkan pikiran Anda mengembara dan membantu Anda menjauhi hal-hal yang kemungkinan besar akan Anda habiskan untuk uang ketika Anda bosan. Contohnya adalah camilan, tiket film, atau penyewaan game.

Anda akan terkejut dengan jumlah uang yang sebenarnya akan Anda hemat dengan membelanjakan lebih sedikit untuk barang-barang mewah, mengikuti rencana anggaran Anda dan menabung untuk keadaan darurat keuangan yang kemungkinan besar Anda dapatkan sebagai mahasiswa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel