Iklan Atas Bungkill.com

apa itu ilmu manajemen? Mengapa Manajemen Itu Penting?
4/ 5 stars - "apa itu ilmu manajemen? Mengapa Manajemen Itu Penting?" Manajemen - Pada dasarnya kempuan manusia itu terbatas (fisik, pengetahuan, waktu, dan perhatian) sedangkan kebutuhanya tidak terbat...

apa itu ilmu manajemen? Mengapa Manajemen Itu Penting?




Manajemen - Pada dasarnya kempuan manusia itu terbatas (fisik, pengetahuan, waktu, dan perhatian) sedangkan kebutuhanya tidak terbatas. Usaha untuk memenuhi kebutuhan dan terbatasnya kemampuan dalam melakukan pekerjaan mendorong manusaia membagi pekerjaan mendorong manusia membagi manusia membagi pekerjaan, tugas, dan tanggung jawab ini maka terbentuklah kerja sama dan ketertarikan formal dalam suatu organisasi. Dalam organisasi ini maka pekerjaan yang berat dan sulit akan dapat diselesaikan dengan baik serta tujuan yang diinginkan tercapai.

Apa dan mengapa manajemen itu penting?

Pada dasar nya manajemen itu penting?

1. Pejerjaan itu berat dan sulit untuk dikerjakan sendiri, shingga diperlukan pembagian kerja, tugas, dan tanggung jawab dalam penyelasaiaan.
2. Perusahaan akan dapat berhasil baik, jika manajemen diterapkan dengan baik.
3. Manajemen yang baik akan meningkatkan daya guna dan hasil guna semua potensi yang dimiliki.
4. Manajemen yang baik akan mengurangi pemborosan-pemborosan.
5. Manajemen menerapkan tujuan dan usaha untuk mewujudkan dengan memanfaatkan 6M dalam proses manajemen tersebut.
6. Manajemen perlu untuk kemajuan dan pertumbuhan.
7. Manajemen mengakibatkan pencapaian tujuan secara teratur.
8. Manajemen merupakan suatu pedoman pikiran dan tindakan.

Manajemen selalu terdapat dan sangat penting untuk mengatur semua kegiatan dalam rumah tangga, sekolah, koprasi, yayasan-yayasan, pemerintah, dan lain sebagainya. Dengan manajemen yang baik maka pembinaan kerja sama akan serasi dan harmonis, saling menghormati dan mencintai, sehingga tujuan optimal akan tercpai.  Begitu pentingnya  peranan manajemen dalam kehidupan manusia mengharuskan kita mempelajari, menghayati, dan menerapkanya demi hari esok yang lebih baik, dan rumah tangga yang sakinah.

Kapan apa saja dasarnya supaya manejemen dapat diterapkan?

Manajemen pada dasarnya sudah ada sejak adanya pembagian, kerja tugas, tanggung jawab, dan kerja sama formal dari sekolompok orang untuk mencapai tujuan. Tegasnya, manajemen sudah ada sejak adanya pemimpin dan adanya bawahan yang diatur untuk mencapai tujuan bersama, walaupun masalahnya masih sangat sedrhana. Pada saat  itu manajemen belum merupakan suatu ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri, tetapi masih tergabung dalam ilmu sosiologi, hokum, filsafat, dan ilmu-ilmu lainnya. Perhatian terhadap manajemen mulai berkembang pada tahun 1856, didorong oleh hal-hal berikut.

1. Terjadinya pemisahan antara RTK dan RTP serta penawaran menciptakan permintaan  dan produksi massal semakin berkembang.
2. Timbulnya persaingan tajam di antara RTP-RTP, sehingga mengharuskan RTP bekerja lebih efektif dan efesien supaya produksinya dapat bersaing dipasaran.
3. Persediaan faktor – faktor produksi yang semakin berkurang, sehingga timbul timbul persaingan antara RTP-RTP untuk mendapatkanya.
4. Adanya kemajuan teknik yang cepat, mengakibatkan timbulnya revolusi industry.
5. Timbulnya serikat-serikat buruh yang menuntut adanya perbaikan-perbaikan jaminan sosial, jaminan keselamatan kerja, perpendekan jam kerja, dan penolakan kerja paksa.

Akibat perkembangan perhatian manajemen ini mendorong para ahli untuk melakukan penelitian tentang manajemen. Para peneliti manajemen ini berasal dari berbgai Negara dan meneliti jenis perusahaan yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian dari Frederick Winslow (1859-1915) maka pada tahun 1915 manajemen diakui menjadi “suatu ilmu pengetahuan” yang berdiri sendiri.

Apakah dasar persyaratan supaya manajemen dapat diterapkan?

1. Ada tujuan bersama dan kepentingan yang sama yang akan dicapai.
2. Ada kerja sama di antara sekolompok orang dalam ikatan formal dan ikatan formal dan ikatan tata tertib yang baik.
3. Ada pembagian kerja, tugas, dan tanggung jawab yang teratur  
4. Ada hubungan formal dan ikatan kerja yang tertib
5. Ada sekolompok orang dan pekerjaan yang akan dikerjakan
6. Ada organisasi (wadah) untuk melakukan kerja sama.
7. Ada wewenang dan tanggung jawab dari setiap individu anggota.
8. Ada koordinasi, integrasi, singkronisasi,  dari proses manajemen tersebut.
9. Ada pemimpin dan bawahan yang akan diatur.
10. Ada the nature of man and the nature of organizing.
11. Ada komunikasi dan delegasi of autohority.

Sampai disini mungkin anda sudah memahami bagaiman pentingnya  manajemen, semoga  bermanfaat bagikita semua, free copas jangan lupa cantumkan sumber..okeee. 


Postingan Terbaru Bungkill.com

Lihat semua

Follow by Email