Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Apa itu organisasi? organisasi adalah sebuah wadah yang didalamnya terdapat dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam mencapai tukuan tertentu, Selama masa hidupnya orang lebih banyak  berada dalam saling berhubungan dengan orang lain dari pada menyendiri, manusia juga disebut mahluk soial, kenapa mausia disebut mahluk sosial karena manusia tidak dapat hidup sendiri atau selalu bergantung pada manusia alin nya.Ssebagian besar tujuan mungkin hanya dapat terpenuhi apa bila orang tersebut berintraksi dengan manusia lainya.

pengertian Organisasi Adalah suatu sistem yang terdiri dari sub sistem atau bagian – bagian yang saling berkaitan antara satu sama lain dalam melakukan aktifitasnya. Aktivitas ini bukanlah merupakan suatu kegiatan yang hanya sekali saja melainkan kegiatan yang memiliki pola atau urutan yang dilakukan secara relatif teratur maupun berulang.

Organisasi tidak jarang diartikan sebagai kelompok yang secara bersama – sama. Handoko berpendapat organisasi sebgai suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan pengembangan dan pemeliharann sutu struktur atau pola hubungan kerja dari orang – orang dalam suatu kelompok kerja. Maksudnya adalah, organisasi juga merupakan kumpulan dari peranan, hubungan dan tanggung jawab  yang jelas dan tetap. Sutarto (1998:2) berpendapat bahwa hamper setiap orang dipengaruhi secara mendalam melalui kelompok. Melibatkan diri dalam beberapa macam kelompok atau organisasi. Melibatkan diri dalam berbagai macam beberapa kelompok atau organisasi menempatkan kedudukan penting dari kehidupan banyak orang. Artinya, banyak keuntungan yang dapat diperoleh  dari penyempurnaan hubungan antara  individu-individu dan kelompok. Sebagai contoh, kesuksesan suatu usaha bergantung pada perilaku produktifivitas seorang perialaku individu dalam kelompok kerja. termasuk seorang pengusaha wajib member keberhasilan dengan para pelanggan, para pemberi sumber dana , material,  satuan organisasi pemerintah dan masyarakat umum.

Antony (1995:1) mendefinisikan bahwa organisasi adalah suatu kelompok manusia yang berintraksi melakukan berbagai kegiatan secara koordinasi untuk mencapai tujuan, dimana pada dasarnya individu tidak dapat mencapai tujuan  secara sendiri – sendiri. Artinya tujuan organisasi dapat mencapai tujuan manajemen yang dilakukan terhadap sejumlah orang  sebagai pelaksanaan pekerjaan – pekerjaan organisasi.

Organisasi mendapatkan sumber daya dan menggunakan-Nya secara efesien dan efektif dalam suatu aturan yang telah disepakati bersama, untuk itu perlu adanya penataan pembagian kerja, struktur pola hubungan kerja antara kelompok orang-orang yang memegang  posisi untuk bekerja sama secara teratur agar mencapai tujuan tertentu.

Menurut pendapat Sutarto Organisasi adalah proses penggabungan pekerjaan yang para individu atau kelompok yang harus melakukan dengan bakat yang diperlukan untuk melakukan tugas sedemikian rupa memberikan saluran terbaik untuk pemakaian yang lebih efesien, sistematis, positif, serta terkoordinasi dari usaha yang tersedia.

Jadi organisasi adalah suatu sistem tentang aktivitas kerjasama antara  dua individu atau lebih sesuatu yang tak berwujud dan tak bersifat pribadi, sebagian besar mengenai hal hubungan. Hubungan yang dilakukan orang – orang tersebut adalah keterkaitan dengan aktivitas kerja.

Organisasi adalah suatu bentuk setiap perserikatan manusia untuk pencapaian suatu tujuan bersama, organisasi merupakan bagi manajemen. hal tersebut mencakup kewajiban merancang satuan organisasi pejabat yang harus melakukan pekerjaan, menentukan fungsi – fungsi mereka dan merinci hubungan yang harus ada di antara stuan orang. Organisasi termasuk suatu aktivitas, sesungguhnya adalah cara kerja manajemen.


Berdasarkan  beberapa pengertian tentang organisasi yang telah dikemukakan sebelumnya bahwasanya hakekat dari organisasi itu adalah manusia dan kerja sama dalam suatu struktur organisasi yang menciptakan pembagian tugas  dan jabatan serta meletakan batas-batas kebebasan seseorang dalam organisasi.

Menurut Handoko (2000:5) mengatakan bahwa “pengakuan” terhadap pentingnya satuan tenaga kerja dalam suatu organisasi.  Hal ini dapat diartikan bahwa sumberdaya manusia merupakan unsure  yang vital bagi pencapaian tujuan organisasi, maka pemanfaatan sebagai fungsi dan kegiatan personalia secara efektif dan bijak dapat mendukung  pencapaian  tujuan organisasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel