Manajemen Pasar Keuangan


Manajemen Pasar Keuangan

Pasar Keuangan merupakan kumpulan dari berbagai pihak yang melakukan transaksi keuanganan dimana pihak yang mengalami kelebihan dana  menyalurkan dananya untuk di pinjamkan kepada orang yang kekurangan dana, ada bebrbagai macam  pihak yang kekurangan dana seperti rumah tangga, perusahaan bahkan pemerintah. Pasar keuangan merupakan institusi yang dibentuk oleh suatu kelompok guna untuk menyalurkan dana kepada pihak yang kekurangan dana selama jangka waktu tertentu. Pasar keuangan  merupakan pertemuan antara li quid dengan over liquid atau antara yang butuh atau yang kelebihan dana.

Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian pasar keuangan, selanjutnya saya akan membahas fungsi dari pasar uang sebgai berikut:

Fungsi Pasar Keuangan

  • Sebagai Pengumpulan Kekayaan

Pasar keuangan dapat timbul dan berkembang dari adanya kegiatan investasi dan tabungan, investasi dan tabungan hanya akan berkembang jika ada pasar uang karena para imvestor dan para penabung tidak lagi bertenu secara langsung, mereka hanya perlu memikirkan dirinya masing – masing tanpa memikirkan diri orang lain, pasar keuangan memberikan berbagai kemudahan terhadap ketidak cocokan antara pihak pemilik dan pengguna dalam masalah jangka waktu, maupun cara pelunasan yang dapat diatasi oleh pasar keuangan. Semua kegiatan diatas menciptakan kekayaan bagi setiap pelaku transaksi.

  • Pengalokasian Kekayaan
Kekayaan yang diperoleh para investor dan penabung  di nyatakan dalam berbagai portopolio, kemposisi portopolio dapat diubah – ubah oleh pemiliknya melalui transaksi di pasar skunder untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Kegiatan hanya dapat dilakukan dengan baik  apabila pasar skunder  suatu pasar sudah berkembang.

Berbagai transaksi  di pasar skunder menghasilkan  berbagi siknal bagi pasar primaer antara lain harga yang bisa diebut tingkat suku tabungan atau diskonto.

  • Penyesuaun Likuiditas
Dimensi yang paling utama dari proses alokasi adalah penyesuai liquiditas yang dapat diukur dari seberapa tingkat kedekatan suatu aset keuangan dengan uang atau cash.

Memegang uang menimbulakan biaya berupa  opportunity cost dan sebaliknya memelihara aset keuangan akan memberikan keuntungan, pasar uang dalam hal ini  berfungsi untuk  membantu tercapainya  keseimbangan dalam arti meminimalisir terjadinya resiko kekurangan liquiditas.

  • Sumber Informasi
Pasar uang  dapat berfungsi sebagi sumber informasi mengenai keadaan ekonomimoneter, ampak dari
kebijakan ekonomi baik dalam negri maupun luar negeri seta ekspestasi masyarakat.

Jenis – jenis pasar uang

Jenis pasar uang berdasarkan sifatnya, berikut jenis pasar uang sebagai berikut:



  •                Jangka Waktu

Pasar keuangan terdiri dari pasar uang dan pasar modal. Pasar uang yang dimaksud ini apabila jangk

waktu transaksinya sampai satu  tahun, sedangkan pasar modal apbila jangka waktunya diatas 
satu tahun.

  •               Sifat transaksi
Pasar keuangan terdiri dari pasar tunai dan jangka. Pasar uang terdiri apabila dalam transaksinya 
relatif singkat, sedangkan pasar berjangka  terjadi apabila penyelesaian transaksinyadalam jangka
waktu tertentu.

  •               Surat Berharga
Pasar uang terdiri dari pasar primer  dan pasar skunder , pasar primer yaitu transaksi atas surat – surat
berharga yang baru diterbitkan, sedangkan pasar skunder transksi surat – surat berharga yang sudah
beredar di pasaran.

  •              Negotiation dan open
Pasar keuangan dan negotiated yang dimaksud disini sebagai pasar dimana transaksi –transaksi dilakukan antara individu peminjam secara langsung  dengan individu pemilik dana dala jumlah transaksi yangrelatif kecil. Pasar terbuka cenderung dalam jumlah pasar, diumumkan secara terbuka  kepada peserta pasar, baik sebelum maupun sesudah.

Itulah Beberapa Pembahsan tentang Manageme pasar keuangan, semoga bermanfaat jika ada yang
ingin di tanyakan silahkan berkomentar atau langsung hubungi saya di halaman contact

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel