Latar Belakang Sejarah Manajemen

Latar Belakang Sejarah Manajemen

Mempelajari sejarah perkembangan manajemen sangat penting bagi kita semua agar dapat memperoleh gambaran tentang bagaimana manajemen itu berlangsung pada masa lalu, nagaimana kemudian kemudian manajemen tersebut berkembang prinsip – prinsip apa yang yang dikembangkan pada masa lalu dan bagaimana manajemen itu menjadi dewasa. Dan pada akhirnya kita harus mempelajari dan mengantisipasi perkembangan dimasa mendatang yang tentu saja juga akan menentukan arah pertumbuhan manajemen itu sendiri. Dengan mengetahui arah perkembangan manajemen tersebut maka kita juga akan dapat mempersiapkan diri kita untuk membekalidiri kitamasing-masing dengan keterampilan manajeriak yang diperlukan dimasa mendatang.

Sejarah perkembangan Manajemen ini begitu singkat. Sejarah perkembangan manajemen tidak terlalu jauh dengan perkembangan manusia yang ada di bumi. Artinya, manajemen sudah berlangsung sejak pertama kali manusia hidup di bumi, seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada saat zaman purba atau dikenal dengan zaman batu  guna merealisasikan tujuan hidupnya, manajemen juga berkembang sesuai keahlian dan keterampilan-Nya untuk menciptakan  atau membuat alat-alat yang terbuat dari bongkahan batu untuk merealisasikan tujuan hidupnya. Manajemen kemudian berkembang sesuai  dengan perkembangan keahlian serta pengetahuan seta teknologi  (IPTEK) terus tumbuh dan berkembang keteampilan manajemen manusia.

Untuk memperjelas gambaran yang saya uraikan tadi, berikut ini gambar yang memperjelas  sejarah perkembangan manajem dari zaman dahulu sampai dengan perkembangan sekarang ini.




Related Posts

Subscribe Our Newsletter