Iklan Atas Bungkill.com

Landasan Ekonomi Syariah
4/ 5 stars - "Landasan Ekonomi Syariah" Landasan Ekonomi Syariah, Pertama – tama anda harus tahu apa yang dimaksud dengan landsan, menurut saya landasan adalah sebuah tolak u...

Landasan Ekonomi Syariah


Landasan Ekonomi Syariah

Landasan Ekonomi Syariah, Pertama – tama anda harus tahu apa yang dimaksud dengan landsan, menurut saya landasan adalah sebuah tolak ukur atau pedoman yang diikuti oleh suatu ilmu, landasa ini diibaratkan sebagipondasi yang kokoh untuk menunjang berdirinya suatu ilmu  agar ilmu itu kuat, ilmu yang memiliki landasan yang kuat tidak akan mudah untuk dijatuhakan, landasan ekonomi syariah tentunya Al – Qur’an dan Hadist yang juga sebagi pedoman bagi ummat muslim di dunia berikut pendapat tokoh – tokoh mengenai landasan ekonomomi syariah.

“sesungguhnya ekonomi syariah adalah bagian integral dari sistem islam yang sempurna. Apabila ekonomi konvensipnal dengan sebab situasi kelahiranya terpisah secara sempurna dari agama, maka keistimewaan terpenting ekonomi syariah adalah berkaitanya secara sempurna dengan islam itu sendiri, yhaitu aqidah dan syariah” (Prof. Dr. Ahmad Muhammad ‘Assal & Prof.Dr. Fathi Ahmad Abdul, An-Nizham al-Iqtishadi fil Islam, Cairo, 1977, hlm.17-18)

“apabila ekonomi syariah menjadi bagian dari islam yang sempurna, maka tidak mungkin memisahkan dari sistem aturan islam  yang lain dari aqidah, ibadah dan akhlak” (Mabahits fil Iqtishad al-Islamiy, hlm. 54)

“Berdasarkan hal ini, maka tidak boleh kita mempelajari ekonomi Islam secara berdiri sendiri yang terpisah dari aqidah Islam dan syariahnya, karena sistem ekonomi Islam bagian dari syariah Islam. Dengan itu dia terkait secara mendasar dengan aqidah” (Prof. Dr. Ahmad Muhammad ‘Assal & Prof.Dr. Fathi Ahmad Abdul, An-Nizham al-Iqtishadi fil Islam, Cairo, 1977, hlm.17)

Para ulama sepakat bahawa muamalat itu sendiri adalah masalah kemanusiaan yang sangat penting (dharuriyah basyariyah)

Landasan Ekonomi Syariah

yang artinya”dan Mereka berkata, “Wahai Syu’aib, apakah agamamu yang menyuruh kamu agar kami meninggalkan apa yang disembah oleh nenek moyang kami atau melarang kami memperbuat apa yang kami kehendaki tentang harta kami. Sesungguhnya kamu adalah orang-orang yang penyantun lagi berakal”

Dalam Kitab  Al – Muamalah Fill Islam


Landasan Ekonomi Syariah


Landasan Ekonomi Syariah

Mungkin Itu sedikit Materi dari Ekonomi syariah yaitu landasan ekonomi syariah walupun begitu singkat in sya Allah akan bermanfaat dikemudian hari, terimakasi sudah berkunjung di blog saya jika ada  pertanyaan silhkan berkomentar atau langsung hubungi saya pada form contact.

Postingan Terbaru Bungkill.com

Lihat semua

Follow by Email