Pengertian BANK Menurut Para Ahli

Pengertian Bank Menurut Para Ahli

Pengertian Bank Menurut Para Ahli



Ada Beberapa Pengertian Bank Menurut Parah Ahli, yaitu:

Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umum nya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjam uang, dan menenrbitkan promes  atau yang dikenal sebagai banknote.

Bank adalah suatu badan atau lembaga yang bertugas menghimpun dana dari pihak ketiga dan kemudian menyalurkan kepada pihak – pihak yang memerlukan.

Bank adalah  suatu badan yang mempunyai tugas utama sebagai perantara untuk menyalurkan penawaran dan permintaan kredit pada waktu yang ditentukan.

Bank adalah suatu badan yang bertujujan untuk memuaskan kebutuhan kredit, baik dengan alat – alat pembayaran sendiri maupun dengan uang yang diperolehnya dari pihak lain, maupun dengan jalan mengedarkan alat – alat penukar baru berupa uang giral (Prof. G. M Verryn Stuart)

Bank adalah suatu jenis lembaga keuangan yang melaksanakan berbagai macam jasa, seperti memberikan pinjaman, mengedarkan mata uang, bertindak sebagai tempat penyimpanan benda – benda berharga, membiayayai usaha perusahaan dan lain sebagainya  (A. Abdurrachman)

Bank adalah lembaga keuangan yang usaha pokonya memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang (Undang – Undang No 14 Tahun 1967 Tentang pokok – pokok perbankan)

Bank adalah usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk – bentuk lainya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak (Undang – Undang Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tanggal 10 November 1998 tentang perbankan).

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa usaha perbankan meliputi tiga kegiatan, yaitu menghimpunan dana, menyalurkan dana, dan memeberikan jasa bank lainya. Kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana, kegiatan pokok bank sedangkan memeberikan jasa bank lainya hanya kegiatan pendukung. Kegiatan menghimpun dana, berupa mengumpulkan dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan giro, tabungan dan deposito. Niasanya sambil diberiakan balas jasa yang menarik seperti bunga dan hadiah sebagai rangsangan bagi bagi masyarakat kegiatan menghimpun dana, berupa pemberian pinjaman kepada masyarakat. Sedangkan jasa – jasa perbankan lainya diberikan untuk mendukung kelancaran kegiatan utama tersebut, jadi bank merupakan sarana yang memudahkan aktivitas masyarakat untuk menyimpan uang, dalam hal perniagaan, maupun untuk investasi masa depan. Dunia perbankan merupakan salah satu institusi yang sangat berperang dalam bidang perekonomian suatu negara (khususnya dibidan pembiayaan perekonomian).

Sekian dari pengertian bank menurut para ahli, semoga bermanfaat jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar atau langsung hubungi saya melalui halaman contact.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter